5 Khasiat Bunga Saffron Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
5 Khasiat Bunga Saffron Bagi Kecantikan dan Kesehatan
Ilustrasi (WANITA.me)

PortalMadura.Com merupakan bunga yang berasal dari Arab. Belakangan ini mulai diperbincangkan di media sosial karena mempunyai khasiat yang baik bagi kecantikan kulit.

Namun selain kecantikan, bunga Saffron dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit, bahkan penyakit mematikan seperti kanker sekalipun. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang bunga ini, mari simak penjelasan di bawah ini:

Mengenal Bunga Saffron
Saffron berasal dari bunga Crocus Sativus yang dalam bahasa Arab disebut Zafaran. Awalnya, bunga ini dikenal sebagai bahan dapur dan pewarna makanan. Namun, lama-kelamaan, saffron juga digunakan sebagai bahan pengobatan untuk sakit pilek, batuk, masalah perut, pendarahan hingga masalah jantung.

Terlepas dari berbagai macam manfaat, Saffron memang mengandung banyak kalori, karbohidrat, protein, lemak dan non-kolesterol. Kandungan serat makanan di dalamnya juga bermacam-macam seperti kalsium, tembaga, magnesium dan zinc.

Mengatasi Kanker
Sebuah penelitian menunjukkan peningkatan kondisi tubuh penderita kanker ketika diobati menggunakan ekstrak saffron. Senyawa cocrin dalam saffron dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kolorektar. Senyawa ini pula bekerja efektif untuk mengatasi kanker hati, prostat bahkan mencegah kanker payudara dan leukimia. Meskipun harus ada penelitian selanjutnya untuk membuktikan keterkaitan senyawa ini dengan penyembuhan kanker, saffron dikenal sebagai antikanker yang menjanjikan.

Meningkatkan Kesehatan Otak
Sejumlah penelitian menunjukkan saffron efektif dalam mengobati gangguan memori otak. Pemberian 300mg saffron tiap hari menimbulkan adanya peningkatan kondisi pasien penyakit Alzeimer. Ekstrak crocin dan ethanolic dianggap bekerja dengan baik dalam tubuh dan memberi antidepresan yang mampu meningkatkan mood sehingga cocok untuk mengobati depresi.

Baca Juga : Meninggal di Arab Saudi, 2 Jenazah TKI Ilegal Sampang Tak Dipulangkan

Mencerahkan Kulit
Untuk mendapatkan kulit halus dan cerah, Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh bubuk kayu cendana, 2 hingga 3 helai saffron dan 2 sendok susu. Oleskan campuran tersebut setelah membersihkan wajah. Pijat menyeluruh dengan gerakan memutar pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering (sekitar 20 menit).

Mengatasi Jerawat dan Noda Wajah
Saffron dikenal memiliki kandungan antijamur yang membuatnya efektif sebagai pengobatan jerawat, noda dan komedo. Anda dapat mencampurkan 5-6 daun basil dengan 10-12 helai saffron. Oleskan pada wajah dan tunggu 10-15 menit, daun basil dikenal dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan saffron dapat mengatasi noda.

Mencegah Rambut Rontok
Kandungan antioksidan dalam saffron dikenal dapat mencegah rambut rontok dengan memperbaiki folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda hanya perlu merendam beberapa helai saffron ke dalam susu. Jika perlu tambahkan akar manis yang juga dikenal untuk mencegah kerontokan rambut. Aduk sampai berbentuk masker cair dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.