oleh

5 Khasiat Chia Seed untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Salah satu superfood yang berbentuk biji-bijian yaitu chia seed. Benih yang dapat dimakan ini sarat akan nutrisi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya kulit dan rambut.

Ternyata, chia seed mempunyai beberapa manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut penjelasannya:

Membantu Menghilangkan Jerawat dan Sel Kulit Mati

Memiliki jerawat di wajah tentu terasa tidak nyaman. Sedangkan, chia seed termasuk bahan alami untuk cepat menghilangkan jerawat yang aman dan hemat biaya.

Anda dapat memasukkan chia seed ke dalam perawatan kecantikan. Chia seed sarat dengan antioksidan serta asam lemak omega 3 yang bisa meredakan peradangan dan mengurangi bekas jerawat.

Bahkan chia seed juga mengandung sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang membantu mencegah timbulnya jerawat maupun sel kulit mati.

Membuat Kulit Bersinar dan Bercahaya

Chia seed yang kaya akan asam lemak omega 3 ALA dan asam linoleat asam lemak omega 6 telah terbukti membantu mengembalikan penghalang kelembapan kulit. Terutama pada mereka yang memiliki kondisi kulit kering.

Mengonsumsi 1 sdt chia seed setiap hari dapat membawa perubahan luar biasa dan membuat kulit bersinar.

Chia seed merupakan salah satu bahan terbaik yang bisa membantu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Bahkan minyak biji chia dapat digunakan sebagai pengganti serum yang berbahan dasar kimia.

Menghilangkan Garis Halus dan Flek Hitam pada Kulit Wajah

Sebenarnya tubuh membutuhkan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.
Sedangkan chia seed akan memberi antioksidan yang sangat dibutuhkan kulit.

Biji kecil seperti chia seed mengandung antioksidan yang membantu mempercepat proses perbaikan kulit dan memperlama penuaan kulit.

Bahkan chia seed merupakan superfood yang mampu meningkatkan kadar kolagen dan membantu menghilangkan garis-garis halus maupun flek hitam pada kulit wajah.

Mendorong Pertumbuhan Rambut yang Lebih Kuat

Apabila secara rutin mengonsumsi biji chia, ini dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Chia seed memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan dianggap dapat mendorong pertumbuhan rambut yang lebih kuat.

Selain itu, chia seed juga mengandung 23 persen protein keratin yang dapat membuat rambut lebih berkilau.

Itu artinya, chia seed bisa dijadikan bahan alami untuk menebalkan dan penguat rambut.

Mengembalikan Kilauan Rambut

Faktanya, paparan faktor lingkungan menjadi penyebab rambut kering yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari.

Selain bagus untuk kulit dan pertumbuhan rambut, ternyata chia seed juga menjadikan rambut lebih berkilau.

Biji chia menyediakan semua asam amino esensial dalam bentuk siap makan. Chia seed pun sangat cocok untuk masalah rambut yang berantakan.

Cara mengembalikan kilauan rambut yakni dengan mengambil segenggam biji chia dan rendam dalam air. Lalu tambahkan 4-5 sendok lemon dan aduk hingga rata.

Gunakan campuran ini pada rambut, bilas dan cuci dengan air hingga bersih.

Setelah mengetahui kelima manfaat chia seed untuk kecantikan, apakah Anda akan segera mengonsumsinya?

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar