oleh

5 Khasiat Cocoa Butter untuk Perawatan Kulit

PortalMadura.Com – Cocoa butter memang sudah sering dijadikan sebagai salah satu bahan untuk perawatan tubuh seperti sabun mandi, sampo, lip balm, body lotion, dan produk perawatan lainnya. Karena cocoa butter merupakan jenis lemak yang berasal dari biji kakao yang mempunyai banyak manfaat terutama untuk kulit.

Ada beberapa manfaat dari cocoa butter untuk kecantikan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Terdapat banyak produk perawatan kulit yang mengandung cocoa butter, termasuk juga produk pelembap dan essence anti-aging.
Produk skincare tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit seperti mengatasi kulit kering dan juga meningkatkan elastisitas kulit.

Kakao mengandung antioksidan yang disebut dengan polyphenol, kandungan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dengan begitu cocoa butter dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Melembapkan Kulit

Cocoa butter menjadi salah satu kandungan yang seringkali di pakai pada produk pelembap kulit. Cocoa butter terdiri dari asam lemak yang mana dapat membantu untuk membentuk lapisan pelindung pada kulit.

Selain dapat memberikan kelembapan pada kulit, cocoa butter juga mengunci kelembapan tersebut agar kulit tetap terhidrasi. Cocoa butter dapat meredakan kulit yang kering akibat eksim atau psoriasis.

Mengatasi Masalah Stretch Mark

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa cocoa butter dapat digunakan untuk mengatasi stretch mark. Masalah kulit yang satu ini dapat muncul karena beberapa faktor, diantaranya adalah kegemukan dan kehamilan.

Bagi sebagian orang mungkin stretch mark dapat memudar seiring berjalannya waktu, tetapi ada juga yang memerlukan perawatan khusus. Lemak dari cocoa butter dapat menenangkan kulit yang memiliki stretch mark.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sama seperti sunscreen pada umumnya, cocoa butter dapat memberikan manfaat berupa perlindungan dari paparan sinar matahari. Jika terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung, maka kulit akan mengalami perubahan tekstur dan juga merusak sel-sel kulit.

Fitokimia yang ada dalam cocoa butter dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Selain itu, cocoa butter dapat menurunkan resiko penyakit kulit seperti eksema.

Melembapkan Bibir

Seringkali mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah karena kurangnya mineral pada tubuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembap bibir yang mengandung cocoa butter untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cocoa butter dapat membuat bibir menjadi lebih lembap dan juga kenyal sehingga akan membuat bibir menjadi lebih sehat. Untuk membuat bibir lebih lembap, gunakan secara teratur dan konsisten agar kelembapan tetap terjaga.

Nah, itulah 5 manfaat dari cocoa butter yang bisa Anda dapatkan sebagai salah satu dari produk perawatan kulit yang Anda gunakan. Jadi, apakah Anda mau mencobanya?

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar