5 Khasiat Hebat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
5 Khasiat Hebat Bawang Merah Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bumbu wajib yang tidak boleh dilupakan saat memasak, yaitu . Hampir semua masakan menggunakan bahan ini untuk menyedapkan makanan.

Bahkan, bawang merah tidak hanya membuat makanan menjadi lezat, namun bahan ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja?.

Berikut lima manfaat bawang merah bagi kesehatan:

Kaya Antioksidan
Bawang merah mengandung vitamin C, folat, kalium dan mangan. Di dalamnya juga ada senyawa anti-inflamasi yang kuat.

Meningkatkan Kepadatan Tulang
Dalam penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya, orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah, risiko terkena kanker semakin rendah.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Bawang merah kaya akan inulin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Inulin juga membantu mencegah sembelit, memperbaiki regulasi gula darah dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Membantu Menurunkan Kolestrol
Sebuah penelitian menunjukkan wanita yang kelebihan berat badan dengan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Mereka terbagi dalam dua kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah, kelompok kedua diminta sedikit konsumsi bawang merah. Hasilnya, orang yang mengonsumsi banyak bawang merah, tingkat kolesterol jahat turun.

Manfaat Lebih Kombinasi Bawang dan Tomat
Para ilmuwan percaya bahwa senyawa sulfur dalam bawang meningkatkan penyerapan likopen, antioksidan pada tomat terkait dengan perlindungan terhadap kanker dan penyakit jantung, serta kesehatan otak, tulang, dan mata. Anda dapat mengonsumsinya lewat kombinasi yang lezat di omelet, salad, sop, dan tumis. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.