oleh

5 Khasiat Jus Jambu Biji Untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Jambu biji merupakan salah satu buah favorit banyak orang, karena rasanya yang bikin seseorang ketagihan. Selain manis, buah ini juga mudah ditemukan, apalagi saat musimnya.

Tidak hanya soal rasanya, banyak manfaat kecantikan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi jambu biji. Pasalnya, buah jambu menjadi sumber berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh kulit.

Satu buah jambu biji saja sudah mengandung 126 mg vitamin C yang memenuhi 209 persen kebutuhan harian tubuh. Buah ini juga mengandung 229 mg potasium, 343 IU vitamin A, dan 27 mcg folat.

Cara yang sangat mudah untuk mendapatkan khasiat kecantikan dari buah jambu biji ini yaitu dengan mengonsumsinya menjadi jus. Caranya, cuci secara bersih tanpa dikupas lalu diblender. Jangan dicampur susu atau gula. Cukup saring agar hasil akhirnya lembut.

Ada beberapa manfaat jambu biji, mari pelajari manfaat kecantikan apa saja yang bisa didapatkan seperti dilansir merdeka.com, dikutip dari Good Health All berikut ini:

Kulit Tetap Kencang

Kandungan yang dimiliki jambu biji membuatnya sangat efektif untuk menunda munculnya garis-garis halus dan kerutan. Dalam kandungan jambu biji terdapat vitamin A dan vitamin C. Di mana vitamin C berfungsi memelihara kekencangan kulit.

Sedangkan vitamin C merupakan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk memproduksi kolagen. Sementara kolagen berperan dalam menjaga elastisitas kulit.

Kulit Terlindung Dari Radikal Bebas

Dalam kandungan jambu biji terdapat antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan jambu akan melawan radikal bebas, menstabilkannya dengan demikian, mencegahnya melakukan perusakan pada tubuh Anda.

Baca Juga : 9 Khasiat Menakjubkan Jambu Biji untuk Kesehatan

Kulit Terhindar Dari Paparan Sinar Matahari

Selain itu, jambu biji juga sangat bagus untuk melindungi dari radiasi sinar Ultra Violet yang berbahaya. Manfaat ini bersumber dari likopen yang terkandung di dalam jambu biji. Apa itu likopen?.

Likopen merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel kulit Anda dari kerusakan akibat pengaruh eksternal. Jika menginginkan perlindungan terbaik dari paparan sinar matahari, sebaiknya Anda mengonsumsi jambu merah yang lebih kaya antioksidan.

Kulit Tetap Lembap

Jambu biji memang kaya manfaat, sekitar 81 persen kandungan buah jambu adalah air. Hidrasi sangat penting untuk menjaga kulit kita tetap sehat, lembap, dan segar. Hidrasi juga membantu mengelupas kotoran dari kulit dan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Terhindar Dari Berbagai Masalah Kulit

Terakhir, jambu biji bermanfaat untuk perawatan masalah kulit seperti ruam kemerahan dan iritasi kulit berkat vitamin C dan vitamin K di dalamnya.

Selain itu, jambu biji merupakan sumber vitamin K yang baik untuk meningkatkan pembekuan darah dan bermanfaat untuk pengobatan kantung mata, varises, rosacea, dan iritasi jerawat.

Itulah manfaat kecantikan yang bisa didapat dari minum jus jambu secara teratur. Ingat, Anda tidak perlu mencampur jus jambu dengan gula ataupun susu agar nutrisi yang tergantung di dalamnya tetap terjaga.

Rewriter : Azizah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE