oleh

5 Khasiat Klorofil untuk Kecantikan Kulit

PortalMadura.Com – Klorofil atau zat hijau daun merupakan pigmen yang dimiliki oleh berbagai organisme dan menjadi salah satu molekul berperan utama dalam fotosintesis. Banyak manfaat dari klorofil bagi kesehatan, salah satunya untuk kulit. Sehingga klorofil seringkali digunakan sebagai bahan untuk skincare.

Ada beberapa manfaat klorofil untuk kulit yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Dapat Digunakan Sebagai Anti Aging

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah yang tampak awet muda dan juga sehat? Klorofil memiliki peran dalam memerangi efek penuaan dini dan menjaga jaringan kulit yang berhubungan dengan antioksidan dan juga magnesium.

Vitamin K yang ada di dalamnya mampu membersihkan dan meremajakan kulit serta membantu untuk mempertahankan kesehatan jaringan pada kulit.

Penggunaan klorofil secara topikal dapat mengurangi tanda-tanda photoaging atau penuaan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Kaya Akan Vitamin yang Menutrisi Kulit

Klorofil kaya akan berbagai macam vitamin yang dapat membantu untuk menutrisi kulit. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang penting untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit akan menjadi lebih kenyal dan juga halus.

Selain itu, klorofil juga merupakan sumber vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin K yang bermanfaat untuk kulit. Vitamin-vitamin tersebut berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang, melawan radikal bebas, dan juga mempercepat penyembuhan luka yang ada pada kulit wajah.

Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Mungkin hal ini yang paling dicari oleh banyak perempuan, pasalnya permasalahan kulit yang satu ini memerlukan perhatian lebih agar dapat cepat teratasi. Pada dasarnya, jerawat merupakan kulit mati, minyak, dak bakteri yang menumpuk dan harus diatasi dengan kandungan yang mampu mengatasi ketiganya.

Karena klorofil kaya akan antioksidan, maka permasalahan jerawat dapat diatasi dengan cara membersihkan dari dalam sehingga akan mencegah kemunculan jerawat.

Banyak produk perawatan kulit seperti sabun pencuci muka yang mengandung klorofil yang dapat membantu untuk mengobati dan mencegah jerawat.

Mengurangi Kerutan pada Wajah

Penyebab utama adanya kerutan, bintik hitam, dan garis halus adalah karena oksidasi dan kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Karena klorofil dapat menyerap cahaya, maka dapat bermanfaat untuk melindungi kulit akibat sinar UV yang berbahaya dari matahari.

Namun, harus Anda ketahui meskipun klorofil dapat membantu untuk melindungi kulit dari sinar matahari, bukan berarti Anda menjadikan klorofil sebagai pengganti sunscreen.

Hal ini dikarenakan, kandungan dalam klorofil tidak cukup untuk melindungi kulit pada saat berada di bawah sinar matahari.

Mengobati Kulit yang Terluka

Baik luka yang ada pada kulit wajah atau bagian kulit yang lainnya, klorofil dapat membantu untuk mengobati kulit yang terluka. Klorofil memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri yang mana dapat membunuh bakteri pada kulit yang sedang terluka.

Luka yang dimaksud disini adalah luka akibat terbakar, luka bekas operasi, dan juga luka diabetes. Namun, perlu Anda ingat bahwa jangan menggunakan klorofil secara topikal atau langsung pada kulit karena hanya akan memperparah lukanya.

Lebih baik Anda mengonsumsi suplemen klorofil sehingga proses penyembuhan akan dilakukan dari dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat klorofil yang bisa Anda rasakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit. Klorofil memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh ataupun kesehatan kulit.

Gunakan klorofil sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan agar manfaatnya dapat dirasakan dengan maksimal.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar