5 Khasiat Minyak Kelapa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.Com
5 Khasiat Minyak Kelapa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bahan untuk memasak yaitu minyak kelapa. Bahan ini banyak digunakan, karena selain mudah ditemui dan harga yang relatif murah juga tanpa bahan pengawet.

Ternyata minyak kelapa sudah digunakan oleh nenek moyang dahulu untuk memasak karena diketahui minyak ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja?

Berikut ulasannya:

Menyuburkan Rambut
Tahukah Anda, minyak kelapa ternyata bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan membuat tampilannya menjadi lebih berkilau. Anda hanya perlu memijat kulit kepala selama kurang lebih lima menit dengan minyak kelapa.
Tujuannya untuk meningkatkan sirkulasi pada pori-pori kepala dan mengisi kembali nutrisi yang hilang. Jika dilakukan secara teratur, Anda juga dapat terhindar dari serangan ketombe.

Menurunkan Berat Badan
Menurut penelitian, minyak kelapa yang diekstrak dari daging kelapa segar mengandung lebih banyak asam lemak rantai (MCFA) sekitar 70-85% dibandingkan varian lainnya. MCFA adalah molekul (lipid) yang mudah teroksidasi dan tidak akan tersimpan dalam jaringan adiposa seperti asam lemak rantai panjang (LCFAs). Dengan kata lain, minyak kelapa yang mengandung MCFA dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Selain mengandung lipid, minyak kelapa juga kaya akan antimikroba seperti asam laurat dan asam kaprat yang memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Flora mikro dalam air liur dan usus akan membantu memecah trigliserida dalam minyak kelapa menjadi asam lemak dan gliserol, yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengontrol Diabetes
Minyak kelapa dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan sekresi insulin mereka. Selain itu, bahan makanan ini sangat efektif dalam memaksimalkan glukosa darah, sehingga dipercaya dapat mengobati dan mencegah diabetes.

Meredakan Stres
Minyak kelapa memiliki efek menenangkan yang dapat menghilangkan rasa lelah dan membuat Anda segar dan rileks. Menurut beberapa penelitian, minyak kelapa murni juga dapat membantu meredakan stres karena mengandung antioksidan. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.