5 Khasiat Safflower Oil untuk Kecantikan Kulit

Rewriter:Desy WulandariRujukan popmama.com
5 Khasiat Safflower Oil untuk Kecantikan Kulit
Ilustrasi (Hello Sehat)

PortalMadura.Com – Safflower oil merupakan minyak yang berasal dari biji tanaman Carthamus tinctorius. Minyak alami ini bisa digunakan untuk perawatan kulit. Selain itu, biasanya dijadikan bahan skincare yang bisa melembapkan dan mengenyalkan kulit.

Minyak safflower memiliki konsistensi kental yang kaya akan asam lemak sehingga sangat cocok untuk menghidrasi kulit. Ada beberapa manfaat safflower oil untuk kecantikan. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Kaya Akan Antioksidan untuk Mengurangi Tanda Penuaan

Sama seperti antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh, antioksidan juga dapat bekerja dengan baik untuk kesehatan kulit. Secara umum, antioksidan dapat membantu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti hiperpigmentasi dan juga garis halus.

Antioksidan yang ada di dalam safflower berasal dari vitamin E yang memiliki peran penting untuk mengencangkan kulit yang kendur.

Berguna Sebagai Anti Peradangan

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit sensitif yang iritasi, eksim dan psoriasis seringkali menjadi hal yang sangat mengganggu. Beruntungnya, safflower oil bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah peradangan karena memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, safflower oil juga dapat membantu untuk memperbaiki kondisi kulit seperti dermatitis dan rosacea. Jika Anda memiliki masalah jerawat, minyak alami ini juga dapat membantu untu mengatasinya.

Membantu Melembapkan Kulit

Kulit yang kering merupakan salah satu tanda bahwa kulit mengalami dehidrasi sehingga memerlukan perawatan yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembap. Safflower oil memiliki sifat kolusif yang dapat membentuk segel pada kulit serta emolien yang dapat membentuk penghalang kelembapan pada kulit.

Dengan kata lain, safflower oil dapat berfungsi untuk memberikan kelembapan dan mengontrol minyak alami dari tubuh serta mengunci kelembapan tersebut.

Mengurangi dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Masalah jerawat seringkali dialami akibat produksi minyak yang berlebih pada kulit. Meskipun termasuk ke dalam kulit yang berminyak, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan safflower oil untuk mengontrol minyak yang ada pada kulit.

Safflower oil bersifat non-comedogenic sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir bahwa pori-pori akan tersumbat pada saat menggunakannya pada kulit.

Sifat anti peradangan yang ada di dalamnya juga dapat membantu untuk memudarkan bekas jerawat yang menghitam.

Dapat Mencegah Munculnya Komedo

Karena dapat membantu untuk mengontrol produksi minyak alami, safflower oil dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah komedo. Penggunaan safflower oil secara rutin akan mencegah munculnya komedo pada kulit.

Hal ini dikarenakan safflower oil memiliki bahan yang mudah menyerap dan tidak akan membuat pori-pori menjadi tersumbat.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari safflower oil. Perlu Anda ingat bahwa tidak semua orang cocok menggunakan minyak alami dari tumbuhan ini, oleh karena itu ada baiknya jika Anda mengoleskan sedikit safflower oil ke kulit tangan untuk melihat reaksinya.

Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.