5 Khasiat Saffron Bagi Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
5 Khasiat Saffron Bagi Kecantikan Kulit
Ilustrasi (Berkeluarga)

PortalMadura.Com – Saffron merupakan rempah-rempah yang berasal dari putik bunga Crocus sativus. Harganya sangat mahal tapi memang bahan alami ini kaya akan nutrisi yang manfaatnya tidak hanya bagi kulit tapi juga untuk rambut dan organ-organ tubuh lainnya.

Ramuan dari bahan saffron sudah ada sejak zaman kuno. Bahan alami ini berfungsi untuk mengatasi berbagai permasalah kulit. Lantas, apa saja permasalahan kulit yang bisa diatasi oleh saffron? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Saffron Bermanfaat sebagai Anti Inflamasi

Saffron dikenal sebagai anti-inflamasi. Saffron membantu dalam memberikan bantuan dari sengatan matahari, ruam, iritasi dan kemerahan.

Bukan hanya itu, saffron mengobati luka bakar pada kulit juga. Ya, karena memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

Baca Juga:  Berikut Manfaat Lulur Cokelat Untuk Kulit Lebih Cerah

Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit

Saffron membantu mencerahkan dan memutihkan warna kulit. Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat merendam beberapa helai safron dalam susu, lalu mengoleskannya pada wajah dan leher selama beberapa menit dan mencucinya.

Selain itu, Anda dapat menambahkan beberapa helai safron dalam susu dan meminumnya setiap hari untuk mendapatkan kulit yang lebih baik.

Saffron Dianggap Ampuh Membasmi Jerawat

Saffron dikenal memiliki sifat anti jamur yang membantu dalam mengatasi jerawat dan noda.

Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa membuat pasta dengan menghancurkan beberapa lembar saffron bersama dengan beberapa helai kunyit.

Oleskan pasta pada wajah selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Ramuan ini bukan hanya mengurangi jerawat tetapi juga akan membantu menghilangkan noda lho.

Baca Juga:  3 Langkah Perawatan Kulit Tangan Supaya Tetap Awet Muda, Anda Penasaran?

Saffron Bisa Membuat Wajah Terlihat Lebih Cerah

Saffron membersihkan kulit sehingga membuat kulit terasa segar dan membantu menghilangkan lingkaran hitam. Saffron juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit tampak bercahaya.

Rendam beberapa helai safron semalaman dalam satu sendok teh air. Tambahkan sejumput garam dan sedikit minyak zaitun ke dalam air dan oleskan pada kulit keesokan harinya. Biarkan masker mengering selama 15 menit sebelum dicuci. Rasakan sensasi kulit glowing!

Saffron Dapat Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi ketika bagian kulit menjadi lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Ini disebabkan oleh kelebihan pigmen, atau melanin. Anda dapat mengembangkan hiperpigmentasi karena kulit mengalami paparan sinar matahari terus menerus, atau perubahan hormonal.

Baca Juga:  5 Tips Perawatan Kulit Wajah Untuk Laki-laki

Sebuah penelitian pada manusia tahun 2013 menemukan bahwa senyawa aktif safron, termasuk crocin, dapat menurunkan melanin. Senyawa ini bekerja dengan menekan tirosinase, enzim yang penting untuk produksi melanin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.