5 Khasiat Tersembunyi Kaktus Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Avatar of PortalMadura.Com
5 Khasiat Tersembunyi Kaktus Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh di daerah tanpa air. Selain itu, kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Meskipun kaktus identik dengan tumbuhan berduri dan menakutkan, namun ternyata tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Faktanya, untuk saat ini penggunaan kaktus untuk bahan dasar produk skin care masih tergolong minim. Padahal, ekstrak kaktus sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Nah, agar Anda tidak penasaran, ini beberapa manfaatnya untuk kulit:

Mencegah Penuaan Dini
Berkat kandungan anti-oksidannya yang berlimpah, kaktus mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Salah satu jenis anti-oksidan yang dapat Anda temui pada kaktus adalah betalains, yakni anti-oksidan super yang dapat mengurangi pembentukan garis halus dan keriput.

Kaktus juga kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Tidak hanya itu saja, tanaman berduri ini juga kaya akan kandungan vitamin K yang dapat membantu mencerahkan area gelap bawah mata dan spider veins.

Mengikat Cairan pada Kulit
Salah satu penyebab menurunnya kesehatan kulit adalah kurangnya kadar kelembapan. Hal ini dapat disebabkan banyak hal, mulai dari dehidrasi, hingga terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari. Jika saat ini Anda sedang mengalami masalah ini, coba gunakan produk yang memiliki kandungan kaktus.

Berkat kemampuannya menyimpan volume air, tanaman berduri yang satu ini secara efektif dapat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Saat digunakan pada skin care, kaktus bahkan dapat mencegah evaporasi pada epidermis sekaligus bertindak sebagai pelembap. Luar biasa, bukan?

Anti-Inflamasi
Kondisi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada wajah seringkali menyebabkan terjadinya dampak buruk. Misalnya saja, rusaknya sel kolagen yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Penggunaan skin care dengan kandungan kaktus dapat mencegah peradangan pada kulit berkat kandungan flavonoid (jenis senyawa yang memiliki manfaat anti-inflamasi) yang dikandungnya.

Selain itu, kaktus memiliki analgesic properties, sebuah kandungan yang dapat meredakan peradangan dan rasa sakit. Tidak heran jika banyak yang mengandalkan tanaman ini sebagai obat untuk mengatasi luka pada kulit dan masalah luka dalam lainnya.

Melawan Radikal Bebas
Radikal bebas seperti yang berasal dari radiasi sinar UV, polusi udara, hingga asap rokok dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada sel dan jaringan kulit. Molekul dari radikal bebas dapat dilawan menggunakan anti-oksidan. Inilah manfaat kaktus yang dapat Anda rasakan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan betalain pada kaktus dapat melenyapkan radikal bebas pada tubuh. Kandungan flavanoid dan vitamin E pada tanaman ini juga dapat melawan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Memperbaiki Sel Kulit yang Rusak
Manfaat kaktus yang selanjutnya adalah untuk memperbaiki sel kulit. Berkat kandungan anti-oksidannya yang sangat tinggi, regenerasi kulit menjadi lebih cepat sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan segar. Kemerahan dan hiper pigmentasi pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan skin care yang mengandung kaktus.

Menariknya lagi, Anda yang memiliki masalah dengan pori-pori juga dapat merasakan manfaat baik berkat kandungan asam lemak pada kaktus yang mampu membuat lapisan kolagen pada kulit tetap lembap dan sehat, sehingga pori-pori akan tetap rapat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.