5 Khasiat Tersembunyi Teh Marigold Bagi Kecantikan

5 Khasiat Tersembunyi Teh Marigold Bagi Kecantikan
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sejak abad-abad yang lalu, bunga marigold atau yang memiliki nama latin tagetes erecta ini telah digunakan sebagai bahan herbal untuk pengobatan, seperti dikutip Merdeka.com dari situs kesehatan Dr. Axe. Bahkan sejak abad 12, ekstrak bunganya dijadikan salep dan teh.

Tidak hanya itu saja, ternyata teh yang dibuat dari seduhan mahkota bunga yang dikenal dengan nama calendula ini juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Caranya, bisa diminum secara langsung maupun digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Lantas, apa saja manfaatnya?.

Berikut lima khasiat teh marigold bagi kecantikan:

Menyehatkan Kulit dari Dalam

Menurut Certified Holistic Health Coach dari situs Dr. Axe, Annie Price, calendula atau marigold memiliki khasiat antiinflamasi berkat kandungan macam-macam flavonoid yang dimilikinya. Antioksidan berbasis nabati ini akan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga:  Ternyata Ini 5 Hal Penyebab Rambut Berubah Warna dan Tekstur

Melembapkan Kulit

Mengonsumsi teh calendula secara teratur akan membantu menghidrasi kulit dari dalam. Sel kulit jadi senantiasa lembap, sehingga Anda bisa awet muda. Caranya, siapkan 2-4 sendok teh mahkota bunga calendula segar atau 1-2 sendok teh calendula kering. Seduh bersama air mendidih selama 5 menit, kemudian minum selagi masih hangat.

Merawat Kulit Iritasi

Kandungan linoleic acids di dalam teh calendula membuatnya efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi atau gatal. Gunakan teh calendula sebagai kompres kulit. Basahi kapas atau kain steril ke dalam tes calendula hangat, kemudian gunakan untuk mengompres kulit.

Baca Juga: 5 Cara Olah Calendula Jadi Produk Perawatan Kecantikan

Mencegah Jerawat

Bunga marigold mengandung antimikroba yang dapat menjadikan tehnya efektif untuk mencegah jerawat. Gunakan seduhan teh calendula untuk mencuci muka atau sebagai toner dan face mist.

Baca Juga:  Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini

Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Seduhan teh calendula juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Jadikan hair tonic atau bilasan rambut, kemudian pijat-pijat kulit kepala selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air bersih.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.