oleh

5 Langkah Sukses Bisnis Wedding Organizer

PortalMadura.Com – Menjalankan usaha tidak semudah yang dibayangkan, semuanya butuh proses dan perjuangan. Sebenarnya ada banyak bisnis yang sudah digeluti oleh seseorang, salah satunya yang sekarang menjadi incaran yaitu Wedding Organizer (WO).

Keberadaannya terus berkembang dan menjadi peluang bisnis yang bisa menghasilkan untung besar. Bagaimana tidak, banyak pasangan yang tidak mau ribet mengatur acara pernikahannya sehingga memanfaatkan WO sebagai perencananya.

Tapi, tidak semua orang bisa menjadi wedding organizer yang andal. Selain diperlukan keterampilan dalam menjalin relasi dari berbagai lini termasuk dengan berbagai vendor-vendor pernikahan, seorang WO juga dituntut memiliki softskill yang dapat membantu memajukan bisnisnya.

Dilansir Okezone.com, yang dikutip dari The Balance Small Business, berikut hal yang harus dilakukan agar sukses jadi wedding organizer:

Mendengarkan Keinginan Klien

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu mendengarkan secara aktif. Ini menjadi salah satu kemampuan terpenting yang dapat dimiliki seorang perencana pernikahan. Kemampuan ini untuk meminta informasi kepada klien.

Jadi, komunikasikan bagaimana keinginan dan kebutuhan calon pengantin untuk acara pernikahannya. Dengarkan dengan baik dan tanyakan hal-hal yang dirasa perlu dipertanyakan untuk memperjelas persoalan.

Pemahaman Beragam Budaya

Menjadi seorang WO yang sukses harus dapat mengatur pernikahan di berbagai budaya. Cari tahu dan pahami berbagai budaya dan adat dari masing-masing daerah untuk mempermudah merealisasikan keinginan klien.

Hal ini tidak hanya akan menciptakan kemampuan untuk bekerja bagi siapa saja, tetapi juga akan sangat menyenangkan untuk melihat dan terlibat dalam berbagai pengalaman budaya pernikahan yang berbeda.

Perencanaan yang Andal

Kuncinya adalah harus tahu membuat rencana. Kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan sangat penting untuk pernikahan yang sukses dan karier yang langgeng. Adapun kunci untuk merencanakan pernikahan adalah memenuhi kebutuhan klien, seperti menetapkan kerangka waktu, mengoordinasikan acara dan lainnya.

Mahir Negosiasi

Perencana pernikahan profesional adalah manajer proyek. Mereka adalah pemimpin dari tim vendor yang sangat kompleks serta keluarga dan teman dari pasangan tersebut. Mempertahankan kendali acara, tanpa mendominasi atau kasar, adalah keterampilan yang penting.

Tidak hanya pandai dalam koordinasi dan menggerakkan orang, tetapi juga harus bisa bernegosiasi dengan vendor untuk menjaga anggaran tidak membengkak.

Detail

Sangat diperlukan kedetailan dalam menjadi seorang wedding organizer. WO merupakan pemimpin yang mengatur dan menyatukan semua instrumen pernikahan agar menciptakan sesuatu yang indah dan berkesan. Mulai dari mengurus keperluan pengantin, dekorasi, catering, tamu dan lainnya.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar