5 Makanan Lezat yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Avatar of PortalMadura.com
5 Makanan Lezat yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seseorang yang memiliki riwayat darah tinggi ternyata bisa menyebabkan risiko fatal, seperti stroke dan serangan jantung. Perlu diketahui, sebenarnya penyebab tekanan darah tinggi ini bisa karena makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Untuk itu, sebaiknya Anda harus mengetahui makanan penurun darah tinggi mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, dikutip dari Okezone.com, Jumat (30/8/2019). Ada beberapa makanan lezat yang dipercaya ampuh menurunkan darah tinggi.

Berikut lima jenis makanan lezat yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk membantu menurunkan darah tinggi, seperti dilansir Okezone.com yang mengutip dari FoodPrevent:

Oatmeal

Salah satu makanan yang mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, yaitu oatmeal. Jadi, makanan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Oatmeal juga dikenal dengan manfaat yang menyehatkan jantung, yang pada tahun 1995 ketika FDA secara resmi menyetujui dan mengklaim kesehatan jantung dari The Quaker Oats Company. Bahkan, hal ini merupakan klaim kesehatan berbasis makanan pertama yang disetujui oleh FDA untuk dipasarkan dan dikemas dalam suatu kotak produk.

Sebelum Anda menjalani hari-hari yang begitu menyibukkan, sarapan dengan oatmeal menjadi ide bagus sebagai makanan pertama. Jika menurut Anda rasa oatmeal terlalu hambar, Anda bisa menambahkan buah segar atau sedikit madu.

Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki beberapa macam vitamin sehat, salah satunya vitamin C. Buah ini juga punya karbohidrat, protein, serat dan magnesium. Fungsi kalium yang ada pada pisang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Untuk itu, Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt.

Baca Juga: 9 Perawatan Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Kentang

Bagi yang tidak menyukai buah pisang, ternyata ada beberapa opsi lain untuk mendapatkan kalium, salah satu jenis umbi-umbian yang menempati urutan teratas dalam daftar yang memiliki kandungan kalium adalah kentang.
Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun darah tinggi, sebaiknya Anda coba untuk mengonsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

Cokelat

Begitu banyak manfaat dari cokelat. Kandungan dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah, yang hasilnya dapat menurunkan tekanan darah, seperti dijelaskan dalam penelitian lain. Semakin tinggi kandungan kakao dalam produk cokelat (sebanyak 70% kakao), semakin baik untuk kesehatan Anda.

Buah Berry

Makanan lezat terakhir yang bisa menurunkan darah tinggi adalah semua buah berry seperti blueberry, stroberi, raspberry, blackberry, apa saja dengan kata berry di dalamnya, dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu sebagai makanan penurun darah tinggi. Jadi, Anda dapat menambahkan buah berry ke yougurt atau sereal untuk sarapan pagi Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.