PortalMadura.com

9 Perawatan Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

  • Minggu, 18 Februari 2018 | 19:00
9 Perawatan Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Tekanan darah tinggi atau hepertensi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas. Sekarang penyakit ini cukup populer di Indonesia, entah itu terjadi di usia tua atau bahkan masih muda.

Penyebab naiknya tekanan darah ini biasanya disebabkan karena menumpuknya lemak dalam darah sehingga mengganggu kelancaran sirkulasi darah dan membuat jantung harus bekerja keras untuk memompanya. Tanda penyakit ini menyerang biasanya kepala pusing.

Nah, jika Anda penderita hipertensi alangkah lebih baiknya mencoba perawatan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Penasaran?.

Ini dia cara alaminya:

Buah dan Sayur
Buah dan sayur sarat akan senyawa penting yang terbukti efektif dalam mengendalikan tekanan darah. Wortel, tomat, kentang, lemon, pisang, dan melon sangat berkhasiat untuk turunkan tekanan darah.

Teh
Teh juga berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Contohnya adalah teh jahe, teh kapulaga, atau teh bunga sepatu.

Minyak Wijen
Minyak wijen mengandung lemak sehat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Selain itu kandungan zat antioksidan seperti sesamol dan sesamin juga berguna untuk mengatur tekanan darah.

banner300x250

Madu
Si manis ini sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah karena sifatnya yang menenangkan.

Rempah-rempah
Rempah-rempah seperti bawang putih diketahui bisa mengencerkan darah dan mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga berguna untuk turunkan tekanan darah Anda.

Air Kelapa
Minuman sehat ini diketahui bisa meningkatkan kadar potasium dalam tubuh yang membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Cokelat
Cokelat, terutama dark chocolate tinggi akan zat antioksidan yang berguna untuk mengendalikan tekanan darah.

Omega 3
Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 diketahui bisa mengurangi tekanan darah. Contohnya adalah kacang-kacangan dan ikan salmon.

Olahraga dan Mendengarkan Musik
Olahraga yang teratur dan menghabiskan waktu untuk mendengarkan musik adalah cara yang efektif untuk turunkan tekanan darah. Sebabnya, kedua aktivitas ini bisa membuat Anda lebih rileks.

Hipertensi bisa menjadi silent killer jika tidak diobati dengan benar. Oleh karena itu terapkan langkah di atas untuk menurunkan tekanan darah Anda secara alami. (merdeka.com/Desy)

banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250
Advertisement
banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional