5 Manfaat Dahsyat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh

  • Bagikan
mandi
Ist.Net

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang biasanya lebih memilih untuk mandi air hangat ketimbang air dingin. Padahal, dengan mandi air dingin lebih banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh ketimbang mandi air hangat. Mandi air panas juga ternyata membuat kulit kering dan mudah keriput. Sebab, air yang panas akan meluruhkan minyak alami yang terdapat pada kulit.

Penasaran, manfaat yang dapat diperoleh tubuh dengan mandi air dingin yuk simak ulasannya berikut ini.

Bantu Atasi Stres
Percikan air dingin ke wajah bisa membuat Anda merasa rileks. Metode yang membuat detak jantung lebih lambat ini bahkan diterapkan untuk menangani pasien dengan kecepatan detak jantung yang tidak normal. Studi lain menemukan, peserta yang berenang di air sedingin es secara rutin, bisa beradaptasi lebih baik menghadapi stres. Ini karena tubuhnya terbiasa untuk beradaptasi.

Mencegah Cedera
Setelah Anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan Anda butuh waktu untuk membuat otot-otot Anda menjadi rileks. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, mandilah dengan air dingin.

Perbaiki Suasana Hati
Hidroterapi dengan air dingin bisa meningkatkan kadar beta-endorfin dan noradrenalin dalam darah serta otak, yang memiliki efek antidepresan. Studi yang dipublikasi dalam jurnal Medical Hypotheses mengatakan, mandi air dingin selama dua tiga menit secara rutin selama dua minggu, bisa memperbaiki suasana hati pelakunya.

Rambut Jadi Lebih Berkilau
Air hangat yang digunakan untuk membilas sampo dari rambut, akan mengurangi keindahan rambut Anda. Demikian ujar Julia Tzu, pakar dermatologi. Gunakan air dingin setelah memberikan conditioner pada rambut, agar rambut lebih berkilau dan halus.

Kulit Jadi Indah
Pakar Dermatologi Neal Schultz, M.D. menyarankan untuk membersihkan badan dengan air hangat lalu akhiri dengan air dingin. Air dingin bisa mengencangkan kulit dan pori-pori. Kulit Anda akan terlihat lebih mulus dan cerah.
(dw.com/choir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.