5 Manfaat Doyan Konsumsi Wortel Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Doyan Konsumsi Wortel Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang punya banyak manfaat untuk kehidupan. Sayuran yang satu ini tidak hanya berkhasiat untuk kulit, namun kandungan di dalamnya juga memberikan kegunaan untuk kesehatan.

Wortel bisa disantap melalui makanan seperti sop, dan juga enak jika dijadikan jus. Sebenarnya, ada lima manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat jika sering makan wortel. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Jantung Sehat
Wortel tinggi serat larut. Tanaman ini dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan HDL dalam darah Anda. Hal ini dapat mengurangi risiko pembekuan darah yang terkait komplikasi jantung.

“Wortel dapat mengurangi kolesterol, membantu menurunkan tekanan darah, dan beberapa penelitian mengatakan wortel bisa membantu mencegah stroke,” kata direktur departemen kardiologi di University of Arizona, Dr. Martha Gulati, MD.

Baik untuk Mata
Sebenarnya, wortel tidak memperbaiki penglihatan namun memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, satu cangkir wortel bisa mengandung lebih dari 26 ribu nutrisi.

Pencegahan Penyakit
Sama seperti bayam, wortel yang sudah dimasak bisa memberikan dorongan antioksidan yang lebih besar dibandingkan dengan wortel mentah. Nutrisi dalam wortel isa memperlambat penuaan sel dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Menurut BitroMD, paparan radikal bebas dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai kondisi seperti kardiovaskular, kanker, alzheimer dan sebagainya.

Rendah Kalori
Wortel merupakan camilan yang cocok buat Anda yang ingin menurunkan berat badan. Satu wortel ukuran medium bisa mengandung 25 kalori. Beberapa penelitian menyatakan, mengunyah wortel mampu mengurangi keinginan untuk makan-makanan cepat saji.

Penyembuhan Luka
Selain vitamin A, wortel juga kaya antioksidan dan vitamin C. Kata ahli diet terdaftar, Lisa Samuels, vitamin C penting dalam penyembuhan luka karena diperlukan untuk produksi kolagen, protein utama yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat.

“Sebagai antioksidan, wortel juga mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh,” tambah Samuels. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.