Ladies, Ini 3 Khasiat Tersembunyi Daun Kemangi Segar untuk Perawatan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini 3 Khasiat Tersembunyi Daun Kemangi Segar untuk Perawatan Kulit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain kubis, salah satu sayuran yang sering kali menjadi lalapan untuk menambah cita rasa makanan yang disantap, yaitu daun kemangi. Ternyata daun yang satu ini tidak hanya bikin makanan makin enak, namun daun kemangi segar juga bermanfaat bagi kulit.

Selain itu, daun kemangi segar juga memiliki sejumlah khasiat untuk kulit wajah dan tubuh. Hal ini terutama karena sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dimilikinya.

Berikut tiga khasiat kecantikan yang bisa didapatkan dari segenggam daun kemangi segar:

Mencegah Kanker Kulit
Citral dan limonene yang terkandung di dalam kemangi memiliki khasiat antiinflamasi. Begitu juga dengan kandungan vitamin K tinggi yang dimilikinya. Tidak hanya ampuh mengatasi peradangan pada jerawat, tetapi juga berkhasiat untuk mencegah kanker kulit.

Mencegah Jerawat
Kemangi mengandung beberapa jenis minyak esensial. Beberapa di antaranya adalah linalool, nerol dan citral. Ketiganya memiliki fungsi antimikroba dan antibakteri, jadi bisa melindungi kulit dari bakteri dan kuman pemicu jerawat.

Jika ingin memanfaatkan kemangi untuk mengatasi jerawat, ambil segenggam daunnya yang masih segar. Tumbuk dengan peralatan yang higienis, kemudian terapkan pada wajah. Jika wajah berminyak, tambahkan sedikit air perasan lemon. Sementara bagi kulit kering perlu ditambahkan madu.

Baca Juga: Inilah 6 Khasiat Tersembunyi Daun Kemangi untuk Kecantikan

Meringankan Penyakit Kulit
Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.