5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi (takaitu.id)

PortalMadura.Com – Jengkol adalah makanan yang banyak digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Makanan tersebut bisa diolah dengan berbagai kombinasi bahan lainnya. Pada umumnya jengkol biasanya diolah menjadi semur atau sambal balado.

Jengkol memiliki rasa yang sangat nikmat tetapi masih banyak yang tidak ingin mengonsumsi jengkol karena memiliki efek bau yang sangat menyengat setelah memakannya. Efek bau yang akan timbul setelah memakan jengkol biasanya mengalami bau mulut dan pada saat buang air kecil.

Meskipun memiliki efek yang mengganggu, jengkol ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Food.detik.Com, Jumat (2/7/2021), berikut bagi kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Jengkol banyak mengandung antioksidan yang sangat berkhasiat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas masuk dan melancarkan peredaran darah. Bagi Anda yang mengonsumsi jengkol sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Mencegah Anemia

Jengkol memiliki banyak kandungan zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dalam darah. Cocok untuk Anda yang memiliki masalah anemia atau kekurangan darah mengonsumsi jengkol.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang dimiliki jengkol sangat tinggi tentu hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, memakan jengkol juga dapat membakar energi tubuh dan mengatasi lemak tubuh.

Menstabilkan dalam Tubuh

Organ vital dalam tubuh akan berfungsi dengan baik ketika asam folat dan vitamin B6 dalam jengkol dicerna dengan sempurna. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jengkol hanya sesekali saja jangan berlebihan, agar janin yang dalam kandungan tetap berkembang dengan optimal.

Mengontrol

Keuntungan lain jengkol adalah memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah. sehingga bagi para penderita diabetes aman untuk mengonsumsi jengkol.

Jadi itulah berbagai macam manfaat yang bisa kalian dapatkan setelah mengonsumsi jengkol. Namun, bagi pecinta makanan yang diolah dari jengkol sebaiknya tidak mengonsumsi jengkol terlalu banyak. Sebab jengkol memiliki kandungan asam amino. Asam amino dalam jengkol mengandung racun sehingga untuk orang yang mengonsumsinya terlalu banyak akan mengalami keracunan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.