oleh

Guys, Ini 5 Penyebab Timbulnya Rasa Sakit Punggung

PortalMadura.Com – Anda tidak bisa mengabaikannya ketika ada masalah sakit atau nyeri punggung. Punggung mungkin bukan area tubuh yang sering diperhatikan kesehatannya. Rasa sakit nyeri punggung timbul karena adanya masalah pada salah satu bagian tulang-tulang yang menyatu dengan otot, tendon, ligamen, saraf, serta cakram sebagai bantalan peredam benturan Karena seperti otak, punggung memiliki sum-sum tulang belakang yang memiliki tonggak penting menjalankan sebagian besar fungsi tubuh.

Guys, berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya sakit punggung?

Sering pakai high heels
Biasanya, wanita akan lebih percaya diri dengan tubuh yang tinggi semampai. Maka, tak jarang banyak kaum hawa menopang tinggi badanya dengan high heels. Akan tetapi jika sering memakai sepatu hak atau high heels sering kali akan merasakan nyeri punggung karena di otot punggung yang tegang. Meski umumnya kaki yang merasakan sakit, namun otot kaki punya hubungan erat dengan otot di area punggung, seperti tendon Achilles, lutut, dan pinggul.

Tempat tidur yang tidak tepat
Sangat mungkin membuat punggung sakit ketika tempat tidur yang tidak rata, kurang tebal atau sudah usang, dan akan menyebabkan istirahat malam kurang baik. Kasur yang tidak empuk dan datar tidak akan memberikan kenyamanan. Dr. Michael Breus, mengatakan, “Bangun tidur dan mengalami nyeri punggung bawah bisa berarti kasur tidak sesuai untuk Anda.”

Cedera karena mengangkat benda berat
Tulang punggung juga bisa mengalami cedera tiba-tiba ketika jarang dilatih atau mengalami shock karena mengangkat barang berat. Hal ini sering dialami orang tua. Itulah mengapa para ahli selalu menyarankan pentingnya peregangan dan rutin olahraga sebelum angkat-angkat berat.

Gejala radang sendi
Jika rasa sakit berlangsung kurang lebih 30 menit di pagi hari dan menghilang setelahnya. Area yang seringkali terasa sakit adalah punggung bagian bawah, pinggul, dan tulang belakang. Rasa sakit di punggung juga sebaiknya diwaspadai karena bisa jadi itu adalah gejala radang sendiri.

Dr. Prakash Jayabalan mengatakan, “Mereka yang mengalami radang sendi, rasa sakit cenderung menjadi lebih baik di siang hari, tetapi kemudian di malam hari terasa sedikit lebih buruk.”

Merokok
Kebiasaan merokok juga bisa memicu keropos tulang dan meningkatkan risiko nyeri punggung kronis. Para ahli yakin bahwa merokok berpotensi meningkatkan sensitivitas nyeri sehingga tubuh terasa sakit semua.

Hal paling penting juga untuk diperhatikan adalah hindari terlalu sering mengangkat barang-barang yang berat dan akan lebih baik jika lebih sering olahraga agar tulang punggung selalu kuat ya ladies.(Vemale.Com/Nurul)


Komentar