oleh

5 Manfaat Luar Biasa dari Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Belimbing wuluh atau belimbing sayur adalah jenis buah yang biasanya digunakan oleh para ibu untuk memasak. Rasanya yang asam dapat memperkuat cita rasa masakan. Belimbing wuluh terkadang hanya dianggap sebagai tanaman pekarangan saja, padahal tanaman ini memiki segudang manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Belimbing wuluh sendiri sesungguhnya buah yang cukup mudah ditemui pada berbagai negara tropis. Buah ini biasanya tidak dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang sangat asam, namun bisa diolah menjadi minuman dan makanan yang sangat menyegarkan.

Di balik bentuk buah ini yang kecil, ternyata terdapat beragam manfaat tak terduga bagi tubuh. Terdapat sejumlah kandungan nutrisi luar biasa dari belimbing wuluh ini, terdapat setidaknya karbohidrat, serat, protein, vitamin C, B, kalsium, zat besi, flavonoid, serta tannin di dalamnya.

Sejumlah kandungan bergizi dari belimbing wuluh ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Melansir dari merdeka.com dikutip oleh laman Net Meds, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari belimbing wuluh.

Mengatur Tingkat Gula Darah
Belimbing wuluh bisa membantu mengatur tingkat gula darah dalam tubuh dengan memonitor aktivitas insulin pada tubuh. Kandungan flavonoid yang tinggi serta serat di buah ini bisa membantu mengatasi melonjaknya gula darah setelah makan sehingga mencegah terjadiya diabetes.

iklan hari santri

Membantu Mengatasi Hipertensi
Belimbing wuluh bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bahkan belimbing wuluh terdapat kandungan antioksidan serta protein. Konsumsi rebusan belimbing wuluh bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Membantu Mengatasi Ambeien
Belimbing wuluh memiliki kandungan anti peradangan berupa tannin dan terpenes. Keduanya bisa membantu mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum yang menjadi penyebab ambeien. Oleskan ekstrak buah dan daun belimbing wuluh untuk mengurangi rasa sakit, peradangan, serta pendarahan.

Mengatasi Batuk dan Pilek
Kandungan vitamin C dari belimbing wuluh memberikan manfaat luar biasa untuk sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membantu mencegah dan mengatasi batuk dan pilek akibat sejumlah hal.

Meningkatkan Kesehatan Tulang
Belimbing wuluh memiliki kandungan kalsium yang sangat kaya dan bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang serta menjaga kesinambungan tulang di tubuh. Kamu bisa memperolehnya melalui konsumsi ekstrak belimbing wuluh.

Itulah sejumlah manfaat sehat tersebut bisa diperoleh tubuhmu melalui konsumsi belimbing wuluh. Oleh karena itu, pastikan untuk mencoba juga konsumsi buah ini agar memperoleh manfaat sehatnya. Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.