5 Manfaat Mandi Uap bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Mandi Uap bagi Kecantikan
Ilustrasi (Beauty Journal)

PortalMadura.Com merupakan salah satu aktifitas yang perlu dilakukan setelah berolahraga. Karena hal ini bisa mengurangi rasa nyeri dan pegal-pegal setelah beraktivitas fisik. Selain itu, mandi uap akan membuat pikiran lebih rileks dan mengurangi stres.

Namun ternyata, selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, mandi uap juga berkhasiat untuk kecantikan. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka beberapa manfaat ini yang akan Anda dapatkan. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Membersihkan Pori-pori Kulit

Pori-pori kulit seringkali menjadi sarang kotoran dan bakteri. Ia harus dibersihkan dengan rutin jika Anda tidak ingin bermasalah dengan jerawat, komedo, ataupun infeksi lainnya.

Nah, Anda bisa melakukan mandi uap untuk membersihkan pori-pori di seluruh tubuh sekaligus. Uap panas akan membuka pori-pori sehingga kotoran yang menyumbat lebih mudah keluar bersama dengan keringat.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Memiliki penampilan muda meski usia terus bertambah tentu menjadi impian semua perempuan. Tidak heran, banyak perempuan rela menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk melakukan perawatan-perawatan khusus.

Nah, salah satu perawatan yang dapat menjamin penampilan muda adalah mandi uap panas. Aktivitas ini akan mengangkat sel-sel kulit mati yang tertinggal sehingga kulit terlihat lebih bersih dan lebih muda!

Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen merupakan salah satu protein di dalam tubuh manusia yang berfungsi menjaga elastisitas kulit. Dengan kata lain, keberadaan kolagen sangat penting untuk mencegah kerutan-kerutan halus dan penuaan dini.

Sebenarnya, tubuh manusia dapat memproduksi kolagen sendiri. Namun, produksi ini akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Mandi uap terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen lho!

Meningkatkan Sirkulasi Darah di Seluruh Tubuh

Menjaga kecantikan tidak bisa dilakukan hanya dari luar, Anda juga perlu memerhatikan kesehatan bagian dalam tubuh agar apa yang tampil di luar lebih maksimal. Pasalnya, seringkali penampilan Anda berkurang karena ada bagian dalam tubuh yang bermasalah.

Nah, untuk menjaga kecantikan dari dalam, Anda bisa melakukan mandi uap. Aktivitas ini akan memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh Anda sehingga setiap bagian tubuh mendapat oksigen yang cukup. Kecukupan oksigen sendiri sangat penting untuk regenerasi kulit.

Menyehatkan Rambut

Tidak hanya untuk kecantikan tubuh, Anda juga bisa mengandalkan mandi uap untuk menjaga kecantikan rambut.
Pasalnya, aktivitas ini akan merangsang kelenjar minyak yang ada di kepala untuk memproduksi lebih banyak minyak. Rambut dan kulit kepala pun menjadi lebih lembap dan sehat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas mandi uap. Meski demikian, jangan mandi uap dengan sembarangan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mandi uap hanya boleh dilakukan selama kurang lebih 30 menit.
Anda juga harus minum air yang cukup sebelum dan setelah mandi uap agar tidak dehidrasi. Selain itu, aktivitas ini tidak disarankan untuk orang yang menderita penyakit jantung.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.