5 Manfaat Perawatan Kanguru untuk Bayi Prematur

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Perawatan Kanguru untuk Bayi Prematur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu perawatan yang mempunyai banyak manfaat bagi bayi yang lahir prematur dengan berat badan rendah yaitu metode .

Pasalnya, melakukan perawatan ini akan meningkatkan hubungan antara ibu dan anak. Karena, perawatan ini melibatkan kontak fisik antara ibu dan bayi secara intens. Lantas, apa saja manfaatnya?.

Berikut lima manfaat dari metode perawatan kanguru:

Pengaturan Suhu
Bayi yang baru dilahirkan tidak dapat mengatur suhunya sendiri dengan sangat efektif. Apalagi bagi dan bayi dengan berat badan rendah.

Perawatan kulit ke kulit atau metode perawatan kanguru memastikan bahwa suhu tubuh Anda membantu menjaga suhu bayi pada tingkat yang sehat. Ia bekerja seperti inkubator yang digunakan oleh rumah sakit.

Membantu Menormalkan Fungsi Tubuh
Ketika bayi lahir prematur, fungsi tubuhnya belum sempurna. Mereka mungkin rentan terhadap kondisi seperti hipotensi, sindrom stres pernapasan, patent duktus arteriosus dan displasia bronkopulmonal.

Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah.

Sedangkan patent duktus arteriosus adalah kondisi ketika ductus arteriosus tetap terbuka setelah bayi lahir. Ductus arteriosus merupakan pembuluh darah yang dibutuhkan bayi sebagai sistem pernapasan semasa di dalam kandungan.

Melalui ductus arteriosus, darah bayi dari bilik jantung kanan mengalir ke sekitar paru-paru. Ductus arteroisus akan tertutup secara otomatis setelah bayi lahir karena paru-paru mereka sudah bisa terisi oleh udara yang dihirup.

Penutupan biasanya terjadi kurang dari beberapa hari. Pada bayi penderita patent ductus arteriosus, penutupan tersebut tidak terjadi. Perlu dicatat bahwa ketika Anda memberikan metode perawatan kanguru kepada bayi prematur, fungsi tubuh mereka akan meningkat dan kondisi yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Bayi yang menerima metode perawatan ini akan memiliki denyut jantung, pernapasan dan irama jantung yang stabil. Bayi-bayi ini juga bisa cepat pulih dari penyakit kardiovaskular dan pernapasan lebih cepat daripada bayi yang tidak diberikan metode perawatan kanguru.

Sementara Displasia Bronkopulmoner merupakan cedera pada paru-paru akibat terapi oksigen dengan konsentrasi tinggi dan pemakaian ventilator. Penyakit ini lebih sering ditemukan pada bayi prematur.

Meningkatkan Imunitas
Bayi yang lahir prematur biasanya akan sangat bergantung pada inkubator sampai siap menghadapi dunia. Inkubator dipilih untuk mencegah paparan bakteri dan kuman lain yang bisa menyebabkan infeksi. Tetapi penelitian telah menemukan bahwa dengan mempraktekkan metode perawatan kanguru, Anda menempatkan bayi ke dalam kontak dengan kuman ibu.

Ini memastikan bahwa sistem kekebalan bayi menjadi lebih kuat dengan sangat cepat. Antibodi yang diterima dari menyusui dan bakteri pada kulit ibu akan membantu dalam pematangan kekebalan bayi. Tetapi penting juga untuk diingat bahwa tidak baik memeluk bayi prematur Anda ketika Anda menderita flu atau penyakit menular lainnya.

Menambah Berat Badan Bayi
Biasanya, dokter hanya akan membolehkan bayi prematur keluar dari rumah sakit jika bayi dinilai cukup sehat dan berat badannya cukup. Bayi-bayi yang menerima metode perawatan kanguru cenderung mendapatkan berat badan jauh lebih cepat dan keluar dari rumah sakit lebih awal dibandingkan dengan bayi yang tidak menerimanya. Ini mungkin karena kontak kulit ke kulit mendorong bayi mendapatkan makanan dan nutrisi lebih banyak dari ASI.

Ikatan antara Orang Tua dan Bayi Lebih Erat
Bersentuhan dengan bayi adalah sensasi khusus bagi orang tua mana pun. Tetapi dengan memberikan metode perawatan kanguru di mana Anda memiliki kontak kulit dengan bayi, Anda akan lebih terikat dengannya pada tingkat yang sangat mendasar.

Perasaan ikatan itu jauh lebih besar daripada apa yang bisa Anda miliki dengan percakapan dua arah yang intens. Sang ibu merasa nyaman dengan memeluknya dan mencium aroma bayi mereka.

Ini juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI dan mengurangi kemungkinan depresi pasca melahirkan. Jika sang ayah yang memberi perawatan kanguru, maka bisa menjalin ikatan dengan bayinya. Tidak hanya itu, bayi juga akan merasa aman dan nyaman. (suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.