5 Manfaat Rutin Konsumsi Kedelai Bagi Kecantikan

5 Manfaat Rutin Konsumsi Kedelai Bagi Kecantikan
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Rutin mengonsumsi kedelai ternyata tidak hanya baik bagi tubuh, namun juga memiliki manfaat luar biasa bagi kecantikan kulit. Kandungan isoflavon yang terdapat dalam kedelai mampu menjadikan kulit terlihat lebih muda dan awet.

Selain itu, lipid kedelai mengandung vitamin E yang dapat membantu kulit meregenerasi jaringan yang rusak. Dari dua kandungan tersebut, dengan rutin mengonsumsi kedelai baik secara langsung maupun diolah menjadi jus, masker atau lainnya jelas bermanfaat bagi kecantikan. Lantas, apa saja manfaat kedelai bagi kecantikan?.

Berikut ini lima manfaat rutin konsumsi kedelai untuk kecantikan, sebagaimana dilansir merdeka.com yang mengutip dari OurEverydayLife:

Melembapkan Kulit

Vitamin E yang terdapat dalam kedelai memang penting untuk kesehatan kulit. Tidak heran, jika kebanyakan produk pembersih kulit dan lotion biasanya mengandung kedelai karena sifatnya yang melembapkan. Bahkan, mengonsumsi fitoestrogen yang ada di dalam kedelai dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak estrogen, sehingga meminimalkan risiko munculnya keriput dan garis-garis halus.

Baca Juga:  Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini

Menjadikan Kuku Lebih Kuat

Konsumsi kedelai dalam bentuk tahu, susu kedelai, dan tempe akan menjadikan kuku tidak mudah patah. Sehingga hal ini dapat membantu memperkuat kuku yang rapuh.

Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Kedelai untuk Kecantikan Anda

Menjadikan Rambut Lebih Sehat

Kedelai mungkin memiliki manfaat dalam mengobati kerontokan rambut, terutama bagi pria. Kedelai juga dapat membantu menghaluskan batang rambut. Menurut sebuah studi di tahun 2004 yang dipimpin oleh Trent D. Lund dari University of Colorado, kedelai adalah anti-androgen. Hal ini berarti kedelai dapat menetralkan efek hormon berlebih pada pria.

Perlu diketahui, pria yang kelebihan hormon biasanya akan mengalami rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang abnormal.

Baca Juga:  Ternyata Ini 5 Hal Penyebab Rambut Berubah Warna dan Tekstur

Mencegah Kerutan

Rutin mengonsumsi kedelai juga dapat mencegah kerutan di kulit berkat bio-lipid yang dimilikinya. Menurut ahli kimia Dave Compton dan Joe Laszlo dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, bio-lipid di dalam kedelai yang disebut gliserida kedelai ferulic dapat mencegah keriput.

Antioksidan

Kedelai mengandung antioksidan alami yang memiliki manfaat untuk antipenuaan. Paula Begoun melaporkan, bahwa fitokimia nabati di dalam kedelai dapat melawan radikal bebas yang menjadi biang keladi proses penuaan dini. Kedelai juga merangsang produksi kolagen dan dapat meningkatkan elastisitas kulit.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.