5 Manfaat Sarang Lebah Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Sarang Lebah Bagi Kesehatan
Ilustrasi (Fatihkitchen.Com)

PortalMadura.Com – Lebah madu menghasilkan sarang yang terdiri dari lilin lebah. Sarang lebah atau Honeycomb memiliki struktur yang terdiri dari sel berbentuk segi enam yang digunakan untuk menyimpan madu. Lilin yang membentuk sarang lebah mengandung asam lemak rantai panjang bersama dengan alkohol rantai panjang, atau ester.

Sarang lebah adalah produk alami yang dibuat oleh lebah untuk menyimpan larva, madu, dan serbuk sari. Semua sarang lebah dapat dimakan termasuk sel lilin dan madu mentah yang dikandungnya.

5 Bagi

Sarang lebah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut 5 ulasan manfaat sarang lebah yang perlu Anda ketahui, dilansir dari laman Liputan6.Com, Jumat (22/5/2020).

Kaya akan Nutrisi

Sarang lebah kaya akan karbohidrat dan antioksidan. Ini juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya. Komponen utamanya adalah madu mentah, yang menawarkan sejumlah kecil protein, vitamin, dan mineral serta terdiri dari 95–99% gula dan air.

Menjaga Kesehatan Hati

Alkohol yang ditemukan dalam honeycomb tampaknya memiliki efek antioksidan yang membantu melindungi hati. Untuk menguji ini, para peneliti melakukan studi menggunakan campuran alkohol lilin lebah untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas pada orang dengan hati berlemak.

Melindungi dari Infeksi

Honeycomb dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan jamur tertentu. Misalnya, studi tabung menunjukkan bahwa ekstrak lilin lebah dapat menawarkan perlindungan terhadap jamur dan bakteri penyebab penyakit, termasuk Staphylococcus aureus, Candida albicans, Salmonella enterica, dan E. coli. Madu juga dikenal memiliki sifat antimikroba. Penelitian menunjukkan bahwa sarang lebah dapat membantu melindungi usus dari parasit usus Giardia lamblia.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Obati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami

Dapat Mengurangi Batuk

Honeycomb juga dapat membantu mengurangi batuk. Mengonsumsi 1/2 sendok teh (2,5 ml) madu soba 30 menit sebelum tidur lebih efektif daripada sirup batuk untuk mengurangi ketidaknyamanan terkait batuk.

Manfaat Metabolisme Glukosa

Glukosa sangat penting bagi kesehatan. Ini karena tubuh terutama otak, mengandalkannya sebagai energi. Dan tampaknya alkohol yang ditemukan dalam honeycomb meningkatkan metabolisme glukosa yang sehat. Honeycomb bisa menjadi alternatif yang baik untuk gula bagi penderita diabetes. Itu sebagian karena madu jauh lebih manis daripada gula, sehingga jumlah yang lebih kecil diperlukan untuk mencapai tingkat kemanisan yang sama.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.