oleh

4 Cara Ajarkan Anak Cinta Lingkungan Sejak Dini

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua tentunya ingin anak lebih mencintai dan menghargai lingkungannya. Cara mengajarkan kepada anak tentunya dengan memberikan contoh hal-hal kecil di sekitar rumah Anda, seperti membuang sampah pada tempatnya. Sikap yang menonjol dari anak dengan kecerdasan naturalis adalah naluri untuk memelihara dan menyayangi lingkungan. Anak dengan kecerdasan naturalis memiliki keterikatan emosional dengan lingkungan alam dan segala yang hidup di dalamnya. Hal ini akan tampak dari sikap peduli lingkungan yang ditunjukkannya.

Berikut 4 cara ajarkan anak mencintai lingkungan yang dilansir dari laman Parenting.orami.co.id, Jumat (22/5/2020).

Ajarkan Reduce, Reuse, Recycle
Mengenalkan konsep reduce, reuse, recycle akan membantu balita lebih cinta lingkungan. Supaya anak lebih mudah mengerti, berikan contoh nyata mengenai cara mengurangi, memakai kembali, serta mendaur ulang sampah setiap hari. Sebagai contoh, Anda bisa membiasakan diri membawa tas belanja dari rumah agar tak menambah jumlah sampah plastik di rumah atau menggunakan botol plastik bekas untuk dijadikan pot bunga.

Buat Kegiatan Mendaur Ulang Menjadi Menyenangkan
Anda bisa mengajak berkreasi sekaligus mendaur ulang, supaya anak tahu bahwa sampah bisa disulap menjadi permainan yang menyenangkan. Dengan begini, anak bisa bermain, belajar, sekaligus memanfaatkan sampah yang tak terpakai di rumah. Buat kegiatan daur ulang sebagai waktu kreatif. Anak bisa membuat beragam bentuk dari berbagai macam sampah, seperti plastik, kardus, atau kertas. Siapkan saja lem, karton, gunting, crayon, dan kertas berwarna sebagai tambahan agar hasilnya semakin seru.

Pergi Ke Alam Bebas
Ajak anak pergi pergi ke alam bebas yang belum terpapar polusi suara dan udara, seperti daerah pegunungan atau pantai yang masih bersih. Biarkan anak melihat dan menikmati alam bebas dengan udara segar serta lingkungan asri yang kaya akan flora dan fauna yang indah.

Hindari Pemakaian Produk Tak Ramah Lingkungan
Kesadaran untuk cinta lingkungan memang akan muncul dari kebiasaan yang sederhana, seperti tidak membuang sampah sembarangan serta menghindari pemakaian produk yang tak ramah lingkungan. Anda memulainya dengan memberi contoh menggunakan tas belanja kain yang bisa dipakai ulang, menghindari produk styrofoam saat membeli makanan atau minuman, atau sekedar membawa tumbler atau tempat minum saat bepergian.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Parenting.orami.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar