5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Bayinya

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Bayinya
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Bayinya

PortalMadura.com- Nutrisi yang terdapat susu bisa membantu memenuhi zat gizi bagi ibu dan janinnya selama masa kehamilan. Tetapi, tidak semua ibu mempunyai toleransi yang tinggi pada laktosa yang terdapat dalam susu hewani.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, susu nabati menjadi salah satu solusi terbaik bagi dan bayinya. Salah satu susu nabati yang mempunyai gizi yang tinggi bagi ibu hamil yakni . Jadi, apa saja sih susu kedelai bagi ibu hamil?

5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil Bayinya

1. Menembah energi

Ibu hamil sangat rentan sekali mengalami kelelahan akibat pewrubahan hormon selama masa kehamilan. Karbohidrat yang menjadi sumber energi menjadi salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan pada saat masa kehamilan.

Susu kedelai bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat yang sehat untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalam perutnya.

Kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada biji kedelai membutuhkan waktu lebih lama untuk di proses oleh tubuh, hal ini membuat energi yang dihasilkan juga akan bertahan lebih lama.

2. Memenuhi kebutuhaan vitamin D dan kalsium

Bagi sebagian ibu hamil yang sensitif terhadap sinar matahari, susu kedelai bisa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada susu kedelai juga tak kalah bermanfaat untuk ibu dan janin.

Tak hanya itu susu kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan penglihatan, kombinasi vitamin D dan kalsium bisa membantu untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada bayi.

3. Sumber protein yang baik

Protein yang ada dalam biji kedelai dapat menjadi pengganti yang setara dengan protein yang ada pada daging.

Bahkan, protein yang terkandung pada kedelai memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih sedikit.

Susu kedelai bisa dimanfaatkan sebagi sumber asupan protein untuk ibu hamil baik yang menjalani pola makan vegetarian maupun tidak.

4. Mengurangi resiko anemia

Anemia merupakan kondisi yang kerap terjadi pada ibu hamil. Anemia terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi sehingga dapat menimbulkan berbagai efek samping.

Salah satu resiko yang terjadi jika ibu hamil mengalami anemia yakni kelahiran bayi prematur dengan berat badan rendah jika anemia tidak segera ditangani.

Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak dari biasanya pada saat masa kehamilan. Mengonsumsi susu kedelai bisa menjadi salah satu opsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil.

Namun perlu diingat, bahwa biji kedelai memiliki kandungan glikinin dan konglikinin yang dapat memicu reaksi alergi pada orang yang memilki alergi pada makanan tertentu.

5. Mengurangi resiko penyakit bawaan lahir

Biji kedelai mengandung vitamin B9 yang dikenal dengan sebutan asam folat. Konsumsi asam folat yang cukup sangat dibutuhkan karena dapat meningkatkan perkembangan sel syaraf pada janin.

Selain itu, kandungan asam folat dalam susu biji kedalai juga bisa mengurangi resiko bayi lahir dengan keadaan cacat bawaan seperti kecacatan tabung syaraf janin atau neural tube defects (NTD).

Meskipun susu kledelai memilki banyak kebaikan didalamnya, konsumsi susu yang berlebihan juga tidak disarankan.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi cukup asam folat salah satunya dengan minum susu kedelai agar bayi dapat lahir dengan sehat dan sempurna.

Konsultasi pada dokter spesialis kandungan anda sebelum memutuskan untuk memilih susu kedelai sebagai minuman rutin saat masa kehamilan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.