oleh

5 Minuman Sehat Cocok di Pagi Hari

PortalMadura.Com – Saat bangun tidur, sering kali Anda merasa lemas. Untuk itu, sarapan menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Karena mulai pagi hari, Anda akan mengatur energi untuk satu hari penuh.

Ketika Anda tidur, tubuh tidak mendapatkan cairan yang diperlukan. Sehingga sangat penting setelah bangun tidur langsung mengonsumsi air untuk melembapkan tubuh. Tapi ingat, yang Anda konsumsi adalah minuman sehat bukan kopi ataupun teh.

Selamat Ibadah Puasa

Sebagai gantinya, cobalah beberapa pilihan minuman sehat di pagi hari ini agar Anda bisa lebih segar dan bersemangat memulai aktivitas seharian. Dilansir dari laman HelloSehat.Com, Kamis (2/7/2020), berikut minuman sehat yang cocok dikonsumsi di pagi hari:

Air Jeruk atau Lemon

Masih ngantuk tapi harus buru-buru berangkat di pagi. Segarkan tubuh dan pikiran Anda dengan segelas air lemon atau air jeruk yang kaya akan vitamin. Kandungan vitamin C-nya juga sekaligus membantu meningkatkan stamina tubuh Anda sepanjang hari. Antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon ikut membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga Anda tidak gampang sakit.

Cara membuatnya mudah. Malam sebelumnya Anda bisa membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke dalam sebotol air putih, kemudian dinginkan di kulkas selama Anda tidur. Atau jika ingin yang hangat-hangat, peras air lemon ke dalam secangkir air hangat. Anda bisa tambahkan madu jika ingin rasa yang lebih manis.

Air Kelapa

Jika Anda kurang suka rasa asam atau takut pagi-pagi sakit perut karena minum air lemon, cobalah air kelapa. Air kelapa adalah salah satu alternatif minuman sehat di pagi hari yang punya banyak manfaat buat tubuh. Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman Anda tidak makan dan minum.

Tidak hanya itu. Air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol.

Semua manfaat ini akan lebih baik lagi jika Anda minum air kelapa segar, bukan yang kemasan. Anda bisa membeli stok air kelapa segar dan kemudian simpan di kulkas untuk Anda nikmati setiap hari.

Jus

Jika Anda memiliki cukup waktu luang di pagi hari, Anda bisa membuat segelas jus. Minuman satu ini tidak hanya membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga memberikan asupan beragam vitamin dan mineral yang Anda butuhkan sepanjang hari dari kombinasi beberapa buah atau sayur.

Selain itu, tingginya serat dari jus membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi keinginan makan banyak.

Teh Jahe

Teh jahe adalah minuman sehat di pagi hari yang dapat memberikan Anda banyak manfaat. Sejak dulu, jahe dikenal sebagai rempah yang membantu meredakan mual serta menyembuhkan nyeri dan sakit otot. Jahe juga dikenal mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu tubuh mengatur respon insulin dengan lebih baik.

Cara buatnya mudah. Rebus air selama 5 menit dan masukkan beberapa sendok parutan jahe segar. Saring air jahe tersebut, kemudian masukkan teh celup. Sajikan selagi hangat.

Jus Lidah Buaya

Lidah Buaya dikenal dengan efeknya yang menyehatkan kulit. Namun, minum jus lidah buaya juga tak kalah menyehatkannya untuk tubuh. Lidah buaya kaya akan zat gizi yang penting buat Anda memulai hari, seperti vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12.

Berkat kandungan enzim dan bakteri baiknya, jus lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelit, perut kembung, hingga gangguan asam lambung (GERD). Lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah dan meredakan gejala radang tenggorokan.

Anda bisa mencampurkan potongan daging lidah buaya ke dalam segelas air atau teh tawar hangat sebagai minuman sehat di pagi hari. Merawat tubuh sehat tidak hanya dari luar, perlu juga perawatan dari dalam.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : hellosehat.com

Komentar