5 Mitos Bekas Jerawat yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
5 Mitos Bekas Jerawat yang Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi (Fimela.com)

PortalMadura.Com – Saat memasuki usia remaja, masalah utama yang sering mengganggu adalah jerawat. Salah satu penyebabnya dikarenakan perubahan hormonal sehingga membuat segala perubahan dalam tubuh, termasuk timbulnya jerawat.

Banyak orang mengira bahwa ketika beranjak dewasa dan usia bertambah, hal ini tidak lagi menjadi persoalan. Padahal tidak selalu begitu, saat masalah jerawat sudah selesai, timbul lah masalah lain yaitu . Parahnya lagi, bekas jerawat ini kadang lebih menggaggu.

Saat mengalaminya, biasanya seseorang bergegas mencari solusinya seperti membersihkan wajah secara rutin untuk menghilangkan noda bekasnya. Walaupun kadang mereka melakukannya dengan ilmu yang terbatas. Tapi apakah yang Anda lakukan selama ini sudah benar adanya?.

Sampai saat ini, masih banyak orang yang sulit membedakan antara mitos dan fakta seputar perawatan bekas jerawat. Apakah bekas jerawat perlu dibiarkan begitu saja atau sebaiknya ditangani?.

Nah, agar tidak lagi hilang arah, ketahui penjelasan berikut seputar mitos dan fakta tentang bekas jerawat, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (6/1/2020) dari laman Hellosehat.com:

Bekas Jerawat Bisa Hilang dengan Sendirinya

Bisa jadi ini hanya . Sebagian bekas jerawat memang bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi kebiasaan seperti memencet bekas jerawat akan meninggalkan bekas seperti skar hipertrofik, keloid, maupun hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Ketiganya memerlukan perawatan agar bekas jerawat hilang dengan segera. Perawatan bisa dilakukan secara mandiri dengan pengaplikasian gel penghilang bekas jerawat secara rutin. Metode ini mampu menyamarkan bekas jerawat yang membandel.

Perlu Anda ketahui, pilihlah gel dengan kandungan allium cepa, niacinamide, mucopolysaccharide (MPS), serta pionin. Keempatnya diformulasikan untuk menyamarkan noda bekas jerawat dan juga meratakan kondisi kulit, serta mengurangi iritasi.

Jadi, ketika muncul bekas jerawat, lakukan perawatan sedini mungkin agar kulit kembali pulih seperti semula. Sehingga Anda bisa tampil percaya diri seperti biasanya.

Tidak Membersihkan Wajah Bisa Menimbulkan Jerawat pada Bekasnya

Ini mitos seputar bekas jerawat. Mungkin selama ini Anda mengira bahwa jerawat yang timbul pada jejak sebelumnya disebabkan oleh kebersihan yang kurang optimal. Padahal, tidak juga disebabkan karena itu.

Kecenderungan sering mencuci wajah (lebih dari dua kali sehari) dan scrubbing wajah berlebihan dengan menggunakan astringent ternyata justru bisa merusak kulit wajah.

Sebagaimana dilansir Hellosehat.com, yang dikutip dari laman Everyday Health, metode ini dapat membuat trauma kulit wajah dan memperparah kondisi setelah perawatan.

Baca Juga : 6 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Menurut seorang dermatologis dan asisten profesor dari Duke University School of Medicine, dr Clare A. Pipkin, MD, menyarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan air suam-suam kuku, mild cleanser, dan dibersihkan dengan gerakan lembut.

Memencet Jerawat Tak Akan Menimbulkan Bekas Jerawat

Godaan memencet jerawat memang sulit untuk dihindarkan. Memencet jerawat tidak meninggalkan bekas jerawat, jelas ini mitos. Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kebiasaan ini dapat memicu peradangan dan meninggalkan noda jerawat.

Memencet jerawat memang membuka pori-pori. Namun, inflamasi setelahnya membuat bekas jerawat bertahan lebih lama. Bahkan, setelahnya bisa timbul jerawat di tempat yang sama.

Jadi, alangkah baiknya Anda menahan diri untuk tidak memencet atau memegang jerawat. Lebih baik terapkan perawatan untuk menangani masalah jerawat Anda.

Tak Perlu Pakai Sunscreen

Masalah jerawat sudah tuntas. Hanya bekas jerawat saja yang tertinggal dan tidak perlu pakai sunscreen, cukup perawatan saja untuk menuntaskannya. Ini sebuah mitos soal bekas jerawat.

Justru, kulit dengan bekas jerawat masih butuh perlindungan ekstra dengan menggunakan sunscreen. Pasalnya, sinar UV dapat memicu peradangan kembali. Maka dari itu, penting untuk menerapkan sunscreen meskipun Anda telah mengoleskan gel penghilang bekas jerawat.

Sebaiknya Tidak Usah Pakai Makeup Bila Masih Ada Bekas Jerawat

Pernyataan ini termasuk mitos mengenai bekas jerawat. Tentu saja Anda masih bisa menggunakan makeup. Pilihlah foundation ringan yang bebas minyak dan berlabel non-comedogenic.

Pasalnya, label non-comedogenic dapat meminimalkan penyumbatan pori-pori. Selain itu, pilih makeup yang bersifat hypoallergenic dan non-irritating, serta berbahan dasar air. Pemilihan kandungan ini juga mencegah iritasi kulit yang mampu menimbulkan jerawat pada noda bekas yang sama.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.