oleh

5 Mukjizat Nabi Ibrahim yang Perlu Umat Islam Ketahui

PortalMadura.Com – Nabi Ibrahim merupakan salah satu nabi ke-6 dari 25 nabi dan rasul yang dicintai Allah SWT. Nabi Ibrahim lahir di Babylonia, Kota Ur Kasdim.

Dalam Alquran, Nabi Ibrahim merupakan putra dari seorang ayah bernama Azar. Sementara ibunya bernama Amilah seperti yang diriwayatkan Al-Hafidz Ibnu Asakir.

Nabi Ibrahim bergelar Khalilullah, yaitu kekasih Allah SWT dan mendapat julukan sebagai Abul Anbiya, yaitu bapak dari para nabi. Serta, sebagai salah satu nabi dan rasul yang mempunyai ketabahan luar biasa atau yang disebut sebagai Ulul Azmi.

Selain itu, nabi Ibrahim mempeunyai beberapa mukjizat. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut mukjizat nabi Ibrahim.

Tubuhnya Tidak Hangus Terbakar oleh Api

Salah satu mukjizat Nabi Ibrahim yang mungkin sudah diketahui, yaitu tidak dapat terbakar oleh api.

Dikisahkan pada saat itu ada seorang raja bernama Namrud yang mengakui dirinya sebagai Tuhan dan menyekutukan Allah SWT dengan berhala. Melihat kejadian itu, Nabi Ibrahim AS menghancurkan seluruh patung berhala itu dan menyisakan satu patung yang paling besar.

Mengetahui hal tersebut, Raja Namrud marah besar dan menuduh Nabi Ibrahim karena menghancurkan berhala. Nabi Ibrahim pun mengatakan bahwa yang menghancurkan berhala adalam patung yang paling besar.

Kemudian, mendengar hal itu Raja Namrud semakin marah dan menyuruh kaumnya untuk membakar Nabi Ibrahim secara hidup-hidup. Nabi Ibrahim pun berdoa kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan.

Hingga akhirnya, Allah SWT menganugerahkan mukjizat kepada Nabi Ibrahim dengan tubuh dan pakaian yang masih utuh karena tidak mempan terbakar oleh api yang membara.

“Kami (Allah) berfirman, ‘Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!” (QS. Al-Anbiya’ ayat 69)

Dapat Menghidupkan Kembali Makhluk yang Sudah Mati

Dalam surah Al-Baqarah ayat 260 disebutkan bahwa Nabi Ibrahim mampu menghidupkan kembali makhluk yang sudah mati. Nabi Ibrahim memohon kepada Allah SWT untuk diperlihatkan bagaimana cara menghidupkan orang mati.

Saat itu Allah bertanya kepada Nabi Ibrahim apakah Nabi Ibrahim belum percaya dengan kekuasaan-Nya. Kemudian Nabi Ibrahim meminta kepada Allah untuk diperlihatkan bagaimana cara menghidupkan makhluk yang sudah mati agar beliau bisa lebih dekat dengan Allah.

Karena Nabi Ibrahim merupakan orang yang sabar dan patuh kepada perintah Allah, sehingga permintaan Nabi Ibrahim segera dikabulkan. Allah memperlihatkan bagaimana cara menghidupkan sesuatu yang telah mati menjadi hidup kembali.

Allah SWT berfirman: “(Kalau demikian) ambil empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu. Lalu letakkan di atas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggilah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.”

Nabi Ibrahim pun segera melaksanakan perintah Allah tersebut, beliau mencincang burung-burung, kemudian meletakkannya di puncak bukit. Nabi Ibrahim turun ke bukit dengan membawa kepala dari keempat burung tersebut.

Setelah Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Allah untuk mencincang dan meletakkan burung-burung itu di atas bukit, kemudian Allah SWT menyuruh Nabi Ibrahim untuk memanggil burung-burung tersebut, maka niscaya burung-burung itu akan hidup dan terbang kembali.

Benar saja, saat Nabi Ibrahim memanggil burung-burung itu, tak lama tampak empat burung terbang dari atas bukit dan menuju ke arah Nabi Ibrahim.

Dapat Mengeluarkan Madu dari Jari-jarinya

Mukjizat lain yang diterima Nabi Ibrahim, yaitu dapat mengeluarkan madu dari jari-jarinya. Mukjizat ini diterima saat beliau baru saja dilahirkan.

Saat itu, ada seorang peramal yang memberitahu Raja Namrud bahwa akan lahir seorang anak laki-laki yang menyebabkan Namrud binasa di tangannya.

Mendengan kabar tersebut, Namrud memerintah agar setiap bayi laki-laki yang baru dilahirkan pada tahun itu untuk dibunuh. Mengetahui hal itu, Ibu Nabi Ibrahim bergegas pergi dan melarikan diri ke dalam gua. Di gua itulah Nabi Ibrahim dilahirkan.

Suatu ketika ibu Nabi ibrahim pergi meninggalkan gua untuk pulang ke rumahnya. Begitu kembali ke gua, ia melihat anaknya, Nabi Ibrahim, sedang menghisap jari-jarinya yang mengelurakan madu.

Pasir yang Bisa Berubah Menjadi Makanan

Dikisahkan bahwa Raja Namrud memiliki kekayaan yang melimpah dan kerap kali menjadikan orang-orang mendatanginya untuk meminta pembekalan makanan. Termasuk Nabi Ibrahim yang datang kepada Raja Namrud untuk meminta pembekalan makanan.

Setiap orang yang mendatangi Raja Namrud akan ditanya “Siapa Tuhanmu?” maka semua orang menjawab bahwa Namrud-lah Tuhan mereka, kemudian Namrud akan memberikan pembekalan tersebut.

Saat Nabi Ibrahim ditanyakan petanyaan serupa, beliau menjawab “Tuhanku ialah yang menghidupkan dan mematikan. Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang mampu menerbitkan matahari dari timur, atau jika tiba saatnya untuk diterbitkan dari barat,” begitu jawaban tegas Nabi Ibrahim kepada Namrud.

Lantas, Namrud terdiam mendengar jawaban Nabi Ibrahim, kemudian mengusirnya tanpa memberikan makanan sedikitpun.

Nabi Ibrahim pun pulang ke rumah sambil membawa sekantong pasir. Sesampaikan di rumah, beliau meletakkan semua barang bawaanya dan langsung beristirahat.

Keesokannya, Nabi Ibrahim sangat terkejut melihat istrinya mengolah bahan-bahan makanan menjadi hidangan lezat. Bahan-bahan tersebut tak lain dan tak bukan berasal dari kantong Nabi Ibrahim yang sebelumnya berisi tumpukan pasir.

Orang Pertama yang Membangun Ka’bah

Salah satu keistimewaan Nabi Ibrahim lainnya, yaitu sebagai orang pertama yang membangun Baitullah (Ka’bah) yang diperintah dan dibimbing langsung oleh Allah SWT.

Allah SWT meminta kepada Nabi Ibrahim untuk mendirikan sebuah rumah untuk-Nya. Kemudian Allah mengutus awan berkepala untuk menyampaikan pesan kepada Nabi Ibrahim agar membuat garis sebesar awan tersebut.

Nabi Ibrahim pun akhirnya memandang ke arah awan dan mengambil ukurannya. Kemudian awan berkepala itu bertanya, “Apakah sudah engkau lakukan?”. Lantas, Nabi Ibrahim menjawab “Ya”.

Setelah itu, awan pun menghilang dan Allah segera menghadirkan pondasi yang menancap dari bumi. Kemudian pondasi tersebut ditinggikan oleh Nabi Ibrahim bersama anaknya, Nabi Ismail hingga membentuk Baitullah (Ka’bah).

Nah, itulah 5 Mukjizat Nabi Ibrahim yang begitu istimewa dan luar biasa yang dianugerahkan oleh Allah SWT. Semoga Mukjizat Nabi Ibrahim ini dapat bermanfaat agar lebih memahami tentang kisah para nabi serta agama Islam.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar