5 Objek Berpikir Manusia yang Bisa Datangkan Kebaikan dan Kemuliaan

Avatar of PortalMadura.com
5 Objek Berpikir Manusia yang Bisa Datangkan Kebaikan dan Kemuliaan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu pembeda antara manusia dengan binatang yaitu terletak pada pikirannya. Binatang tidak dapat menggunakan otaknya untuk berpikir atau belajar dan menangkap kebenaran layaknya manusia. Sehingga dari perbedaan ini manusia menjadi lebih mulia daripada makhluk lainnya, termasuk binatang.

Sayangnya, kemampuan berpikir tidak selamanya menjadikan manusia lebih unggul dan mulia dari binatang. Bisa jadi dengan pemikirannya pula, seorang manusia bisa lebih hina dan sesat dari binatang. Hal ini disebabkan bila objek yang selalu dipikirkannya selaras dengan hawa nafsunya.

Allah SWT berfirman: “Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya. Maka, apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya? Atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu)” (QS al-Furqan [25]: 43-44).

Selain itu, Imam Ja’far As-Shodiq berkata: “Allah memberikan akal tanpa syahwat kepada malaikat. Dan memberi syahwat tanpa akal kepada binatang. Dan dia memberi akal dan syahwat kepada manusia. Maka, siapa yang akalnya mengalahkan syahwatnya maka dia lebih mulia dari malaikat. Dan siapa yang syahwatnya mengalahkan akalnya maka dia lebih sesat dari binatang”.

Maka dari itu, hendaknya Anda memerhatikan objek yang Anda pikirkan agar anugerah akal pikiran ini mampu menjadikan Anda mulia dan menjadi orang yang lebih dekat dengan Allah SWT bukan malah menjadikan Anda hina dan sesat yang membuat Anda menderita dunia akhirat.

Sebagaimana dalam kitab “Nashaihul Ibad” karya Imam Nawawi Al-Bantani disebutkan, bahwa ada lima objek berpikir yang bila hal ini selalu Anda lakukan akan mendatangkan berbagai kebaikan dan menjadikan Anda mulia. Apa saja?.

Berikut ini lima objek berpikir yang bisa menjadikan manusia mulia:

1. Berpikir tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT

2. Berpikir akan segala nikmat Allah SWT

3. Berpikir tentang berbagai pahala dan surga yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada orang-orang yang beramal baik

4. Berpikir mengenai ancaman Allah

5. Berpikir mengenai sejauh mana ketaatan kepada Allah dan kebaikan Allah kepada diri Anda.

Bahkan, lima objek berpikir di atas dapat mendatangkan kemuliaan dan berbagai kebaikan lainnya. Karena ketika Anda selalu berpikir tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT akan menjadikan Anda semakin bertauhid dan yakin kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu saja, ketika berpikir akan segala nikmat Allah SWT akan menumbuhkan rasa cinta dan syukur kepada Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS 14: 7).

Untuk itu, semoga Allah SWT selalu membimbing Anda dan membantu Anda untuk dapat menggunakan nikmat akal pikiran yang telah dianugerahkan kepada Anda sehingga menjadikan Anda mulia di dunia dan di akhirat serta tidak terjatuh kepada perilaku binatang yang hina lagi sesat. Amiiin. Wallahu A’lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.