oleh

5 Olahan Daun Singkong Lezat dan Mudah Dibuat Lho!

PortalMadura.Com – Singkong atau ketela pohon dengan nama latin manihot esculenta merupakan makanan pokok penghasil karbohidrat. Daunnya pun bisa dijadikan sebagai sayuran favorit masyarakat Indonesia. Kandungan gizi pada singkong dan daun singkong dipercaya berfungsi sebagai zat antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah nafsu makan.

Ternyata selain dijadikan sebagai obat, singkong juga banyak dijadikan sebagai masakan yang sering diolah menjadi makanan enak. Daun singkong bisa diolah jadi aneka hidangan dan menu yang sangat lezat. Bahkan dijadikan lauk pun enak. Tapi belum banyak yang tahu apa saja olahan sedap yang bisa dibuat dari daun singkong.

Selamat Ibadah Puasa

Olahan daun singkong pun bisa kita jadikan menu bakal siang ke kantor. Cocok juga dibuat untuk menu bekal anak ke sekolah. Berikut beberapa sajian sedap yang bisa dibuat dari daun singkong. Yuk, langsung coba bikin sendiri di rumah.

Bakwan Daun Singkong
Kalau selama ini mungkin kita hanya pernah mencicipi bakwan kubis atau kol, kali ini kita bisa bikin bakwan daun singkong. Daun singkong yang sudah dicuci bersih bisa dipotong-potong untuk kemudian dicampur bumbu halus dan tepung beras. Tambahkan air secukupnya untuk membuat adonan yang cukup kental sehingga mudah merekatkan daun singkong untuk kemudian dikepal dan dipipihkan sebelum digoreng.

Tumis Daun Singkong Teri
Daun singkong juga bisa ditumis dan jadi hidangan yang lezat. Tumis daun singkong teri dapat menjadi lauk yang lezat, bisa dinikmati juga untuk bekal makan siang. Dengan bumbu seperti daun salam, lengkuas, serai, cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi bakar, kita bisa membuat sajian yang sederhana tapi lezat dari daun singkong.

Rendang Daun Singkong
Wah, menu yang satu ini pun sangat lezat. Rendang daun singkong memang beda dari yang lainnya. Kalau selama ini kita pakai daging ayam atau daging sapi untuk rendang, kita juga bisa bikin rendang dari bahan dasar sayur singkong.

Bobor Daun Singkong
Dengan bumbu bawang putih, bawang merah, kencur, cabai hijau, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk, kita bisa membuat bobor daun singkong yang lezat. Bahan santan kelapa pun bisa membuat hidangan ini makin gurih. Disantap dengan lauk tempe dan nasi putih hangat jelas akan sangat memanjakan lidah.

Opor Daun Singkong
Opor daun singkong merupakan salah satu hidangan paling lezat untuk dinikmati bersama keluarga. Menggunakan bahan serai, daun salam, dan daun jeruk, opor ini memiliki aroma yang sangat menggugah selera. Dengan bumbu halus bawang merah, bawnag putih, cabai merah, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, kemiri, dan jintan, rasa opor daun singkong benar-benar nikmat.

Nah, itulah 5 resep olahan enak dari singkong, gampang banget kan cara membuatnya. Anda mau bikin yang mana dulu, nih?

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar