5 Peluang Usaha Sampingan Guru untuk Dapatkan Pundi Tambahan

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
5-Peluang-Usaha-Sampingan-Guru-untuk-Dapatkan-Pundi-Tambahan
Ilustrasi (popmama.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Memiliki pekerjaan sebagai guru tidak serta merta sejahtera dalam hal keuangan, terkadang masih saja dihadapkan dengan keterbatasan finansial. Terutama bagi para guru honorer dengan gaji yang minim, maka usaha sampingan banyak menjadi incaran.

Ya, pilihan ini tidak lain untuk mendapatkan tambahan keuangan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lantas, usaha sampingan apa yang cocok dan perlu dicoba bagi guru?. Berikut daftarnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (28/3/2022) dari laman Idntimes.com:

Usaha Bimbel atau Les Privat

Guru tentu identik dengan kegiatan belajar dan mengajar, sehingga sangat tepat jika menekuni usaha sampingan yang masih berhubungan dengan kegiatan utamanya. Oleh karenanya, membuka usaha bimbingan belajar alias bimbel cocok untuk dicoba. Di sisi lain, usaha ini sangat membantu para murid yang butuh jam belajar tambahan.

Untuk mendapatkan pemasukan yang lebih tinggi, guru bisa membuka jasa les privat atau mengajar anak didik dalam jumlah terbatas di luar jam sekolah. Jika terkendala lokasi, bisa membuka jasa les privat dan bimbel secara online.

Usaha Kuliner di Sekolah

Bisnis kuliner juga cocok ditekuni dan menjadi salah satu rekomendasi usaha sampingan guru yang sangat potensial. Hal ini karena sudah menjadi rahasia umum makanan serta minuman akan selalu dibutuhkan dan dicari, apalagi di sekolahan yang memiliki banyak murid.

Jika tidak sempat memasak untuk dagangan, guru bisa ambil aneka jajanan dari pedagang lain. Bisnis ini juga tergolong praktis karena selain bisa dijual sendiri di kelas dan ditawarkan kepada para guru, juga bisa dititipkan di kantin sekolah.

Usaha Kuliner di Luar Sekolah

Usaha kuliner tidak hanya bisa dijalankan di dalam lingkungan sekolah tempat guru mengajar. Namun juga bisa di luar lingkungan sekolah, misalnya dengan membuka bisnis katering.

Dengan membuka bisnis kuliner di luar sekolah, maka target pasarnya lebih luas sehingga berpeluang menjangkau lebih banyak pelanggan dan meraup untung yang lebih besar pula.

Menjadi Penulis Buku

Usaha sampingan guru yang menarik dan potensial selanjutnya adalah menjadi penulis buku. Usaha ini tergolong sangat menjanjikan karena bisa memberikan pemasukan besar.

Di dunia belajar-mengajar yang identik dengan kegiatan belajar dan menulis, seorang guru bisa membuat buku ilmiah seperti cara menguasai Bahasa Inggris dalam waktu singkat maupun buku non ilmiah seperti kumpulan puisi.

Jualan Pulsa dan PPOB

Usaha berpeluang menarik lainnya adalah berjualan pulsa dan juga membuka loket Payment Point Online Banking (PPOB). Mengingat berjualan pulsa bisa dilakukan orang yang super sibuk sekalipun, maka usaha ini cocok ditekuni para guru. Apalagi mereka memiliki banyak sekali target pelanggan di sekolah, mulai dari sesama guru, staf lain di sekolah hingga para murid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.