5 Penyakit Kulit yang Akan Muncul di Musim Hujan

Avatar of PortalMadura.com
5 Penyakit Kulit yang Akan Muncul di Musim Hujan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Masalah yang akan datang saat musim penghujan tiba adalah banjir. Namun, banyak sekali masalah lainnya yang timbul saat musim hujan terutama masalah kesehatan.

Selain flu dan batuk, juga kerap dialami saat musim hujan. Hal ini dikarenakan kulit sering terkena genangan air, cuaca lembap, suhu udara yang berubah, dan faktor lainnya. Terkena cipratan air hujan atau genangan air bisa menimbulkan penyakit kulit.

Seperti yang dilansir PortalMadura.Com dikutip dari fimela.com, apalagi di saat Anda malas bergegas berganti pakaian dan bersih-bersih. Pastinya, beragam penyakit kulit sudah siap mengintai Anda. Lalu,penyakit kulit apa yang sering timbul saat musim hujan?

Kutu Air
Penyakit ini meningkat saat musim hujan. Kutu air bisanya memiliki ciri yang signifikan, seperti kulit gatal dan kemerahan yang timbul diantara ibu jari.

Penyebabnya terjadi akibat kelembapan yang meningkat, bisa jadi karena Anda menggunakan sepatu yang lembap. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya, segera mencuci kaki setelah menggunakan sepatu, dan keringkan dengan benar agar kulit bebas lembap.

Ruam Kulit
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, ruam kulit kerap dialami saat musim hujan. Biasanya, kondisi ini menimbulkan kulit yang kemerahan dan terasa panas hingga gatal.

Untuk mengatasinya, Anda bisa segera berganti pakaian di saat basah terkena hujan. Selain itu, pastikan untuk bersihkan tubuh dengan seksama agar kulit bebas lembap dan bebas kuman.

Kudis
Kudis juga kerap terjadi di musim hujan. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal dan panas. Penyakit ini menular, jadi di saat Anda mengalami kudis, pastikan pakaian, handuk, dan apapapun yang Anda gunakan dicuci terpisah dengan cairan antiseptik atau setidaknya direndam air panas agar tidak menyebar ke orang lain.

Jerawat
Saat musim hujan, kelembapan udara meningkat. Walau udara terasa dingin, tapi kotoran dan debu tak bisa dihindarkan. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah secara maksimal dan jaga kelembapan kulit agar tetap seimbang sehingga kulit bebas dari jerawat.

Jamur Kuku
Jamur kuku akan menyebabkan infeksi yang berkepanjangan. Hal ini juga kerap terjadi di musim hujan. Rasa gatal yang tak nyaman membuat penyakit ini sangatlah mengganggu.

Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh kelembapan yang meningkat dan menimbulkan jamur di area kaki. Jadi, usahakanlah untuk menjaga kebersihan dan menjaga area kaki senantisa kering.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.