5 Perbedaan Sales dan Marketing, Serupa Tapi Tak Sama!

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
5-Perbedaan-Sales-dan-Marketing,-Serupa-Tapi-Tak-Sama
Ilustrasi (ukmberdaya.com)
    Bagikan:

PortalMadura.ComSales (penjualan) dan marketing (pemasaran) merupakan suatu pekerjaan yang memiliki tugas atau tujuan mencapai pendapatan sebuah perusahaan. Dari pengertian itu, banyak orang menganggap sales dan marketing adalah suatu pekerjaan yang sama.

Padahal kenyataanya berbeda, dalam artian keduanya mempunyai banyak perbedaan yang jarang orang ketahui. Hal itu bisa dilihat dari lima aspek. Apa saja itu?. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (3/2/2022) dari laman Idntimes.com:

Definisi Sales dan Marketing

Perbedaan pertama sales dan marketing dari definisinya. Sales adalah strategi perusahaan dalam menjual dan memastikan produknya laku. Singkatnya sales bertujuan meningkatkan penjualan produk saja.

Lalu marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis seperti merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan untuk memuaskan konsumen.

Perbedaan Tujuan Sales dan Marketing

Dalam aspek tujuan, sales bertugas agar produk perusahaan laku terjual sesuai target. Kalau marketing, mereka wajib menjaga citra sebuah perusahaan agar pelanggan mengetahui kualitas produk dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Baca Juga:  Harga Emas Hari ini Rabu 29 Juni 2022 di Pegadaian

Perbedaan Sales dan Marketing dari Segi Prioritas dan Fungsi

Fungsi dari sales adalah melayani konsumen dan membantu mereka mendapatkan produk yang dicari. Sementara fungsi marketing adalah mendapatkan konsumen hingga membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Perbedaan Proses Kerja dan Ruang Lingkup Pekerjaan

Perbedaan selanjutnya dari sales dan marketing dapat dilihat dari proses dan ruang lingkup kerja keduanya. Untuk aspek ruang lingkup kerja, sales cenderung bersifat jangka pendek. Pekerjaan mereka selesai begitu mereka mendapatkan pelanggan.

Sales biasanya akan mendekati dan menghadapi langsung konsumen dengan berbagai cara baik secara langsung atau melalui media seperti telepon, media sosial, email dan lainnya.

Marketing lebih jangka panjang karena harus menjaga hubungan dan membina relasi dengan pelanggan. Tim marketing juga harus menyiapkan alat atau tools dan konsep yang akan membuat pelanggan mencari barang dan produk yang sudah disiapkan oleh perusahaan.

Baca Juga:  Swadaya, Warga Banjar Talela Bangun Jalan Baru

Tim marketing biasanya memikirkan cara promosi, pangsa pasar, identifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya.

Strategi yang Digunakan Sales dan Marketing

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya terletak pada strategi yang digunakan. Untuk sales biasanya fokus cara menginformasikan kelebihan produk agar konsumen tertarik untuk membelinya. Strategi utama mereka adalah – Solution Selling, SPIN Selling, SNAP Selling, N.E.A.T. Selling dan sebagainya.

Sedangkan strategi utama marketing yakni menggunakan teknik seperti SEO, media sosial, data analisis, costumer relationship management, dan lainnya. Marketing akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa cepat membeli produk dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.