5 Strategi Agar Remaja Lebih Betah di Rumah

Avatar of PortalMadura.Com
5 Strategi Agar Remaja Lebih Betah di Rumah
Ist.Net

PortalMadura.Com – Hidup dalam globalisasi modern seperti zaman sekarang, banyak sekali masalah yang dihadapi olah para orang tua. Mulai dari tempat dan cara bergaul anak sampai kebutuhan terkecil seorang anak. Para orang tua dituntut kerja ekstra untuk menjaga dan membentuk pribadi anak.

Biasanya anak pada usia pertumbuhan () cenderung lebih betah berada di luar rumah. Banyak alasan yang diungkapkan anak apabila ditanya mengapa lebih betah berada di luar rumah. Untuk itu maka para orang tua harus lebih cerdik dan jeli agar anak betah dirumah. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda coba supaya anak remaja Anda betah di rumah.

Membuat Suasana Rumah Lebih Nyaman
Anda tak perlu membangun rumah yang mewah untuk anak Anda. Cukup dengan mendekorasi ruangan rumah menjadi lebih nyaman dan kondusif bagi mereka untuk istirahat dan belajar. Selain itu, hindari konflik dan pertengkaran dengan pasangan di hadapan anak Anda. Hubungan harmonis dan komunikasi yang terjalin baik dapat membuat atmosfir rumah menjadi lebih ‘hangat'.

Menjadi Orangtua yang Aktif
Cara lain untuk membuat si anak betah di rumah adalah dekat dengan si anak. Sebagai orangtua yang baik, Anda perlu memahami perkembangan anak dari waktu ke waktu dan menyesuaikan kebutuhannya dengan usianya. Jangan memperlakukan anak seperti boneka yang harus menuruti semua perkataan orangtuanya.

Tidak Menjadi Orangtua yang Otoriter
Para orangtua sebaiknya tidak bersifat diktator atau otoriter dalam menyampaikan keinginan dan harapannya. Ajak ngobrol si anak atau melakukan hobi si anak bersama-sama sehingga si anak meraya nyaman. Ketahuilah bahwa besifat diktator hanya akan membuat si anak merasa tertekan dan tidak betah di rumah.

Bisa Menjadi Teman Bagi Si Anak
Orangtua yang baik bukan hanya bisa memberikan segala kebutuhan si anak. Namun, Anda juga harus mau berbagi dengan si anak. Di saat si anak sedang sedih atau senang, Anda harus bisa memancingnya agar dia mau bercerita. Jadilah orangtua yang bisa menjadi teman atau sahabat untuknya. Dengan begitu, si anak akan merasa nyaman dan lebih menghargai Anda sebagai orangtuanya.

Menghargai Privacy-nya
Usahakan remaja Anda memiliki kamar sendiri. Jika tidak memungkinkan, mintalah kakak atau adik yang sekamar dengannya untuk saling menghargai dan menjaga barang kepunyaan masing-masing. Luangkan pula waktu untuk mengobrol dan berdiskusi dengannya sehingga ia dapat lebih terbuka dengan Anda.

Itulah strategi membuat anak remaja betah di rumah. Jika si anak sudah betah di rumah, maka jangan Anda melarangnya untuk keluar rumah. Bagaimanapun juga, si anak harus bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya agar bisa membangun rasa percaya dirinya. (ciricara.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.