oleh

5 Tips Hindari Haus Saat Berpuasa Walau Banyak Aktivitas

PortalMadura.Com – Puasa merupakan aktivitas menahan diri dari makan, minum, bersenggama mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Puaa juga merupakan terapi kesehatan yang sangat luar biasa khasiatnya bagi tubuh kita jika dalam menjalaninya diimbangi dengan sunah-sunah yang di contohkan oleh Nabi Muhammad.

Saat berpuasa, bukan kemudian membatasi aktivitas seseorang, seharusnya walau sedang berpuasa seseorang harus tetap melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. Namun umumnya, saat kita melakukan banyak aktivitas tubuh kita akan kehilangan energi dan menjadi melemah dan biasanya di awali dengan tanda-tanda dehidrasi dan kita merasakan haus. Agar hal yang dermikian tidak terjadi, perlu adanya persiapan yang cukup agar saat beraktivitas tubuh kita tidak mengalami kekurangan cairan. Sebagaimana dilansir dari Fimela.Com, Selasa (20/4/2021) ada 5 tips hindari Haus saat berpuasa saat ramadan:

Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Saat terlalu lama berada dibawah sinar matahari secara langsung, tubuh Anda akan merasakan suhu panas dan akan mengeluarkan keringat. semakin lama Anda dalam keadaan tersebut, akan semakin banyak pula cairan berupa keringat yang akan Anda keluarkan, dan hal ini akan membuat Anda lebih cepat kehilangan energi dan air yang ada di dalam tubuh Anda.

Minumlah 8 Gelas Air saat Berbuka dan Sahur

Agar tidak terjadi dehidrasi, Anda perlu menyiapkan banyak cairan saat berbuka dan sahur. Delapan gelas air saat berbuka dan sahur ini bukan lantas dilakukan dalam satu waktu, melainkan ada polanya, yaitu dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas sepanjang malam hingga sebelum tidur, dan dua gelas pada saat sahur.

Mengonsumsi jus buah dan Smoothie

Jus buah dan smoothie akan sangat membantu untuk menutrisi tubuh Anda saat berpuasa. Selain karena Jus buah dan smoothie banyak mengandung air, terdapat pula vitamin, serat dan zat besi serta dapat pula untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masalah kesehatan lainnya.

Banyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur saat berpuasa merupakan tindakan yang sangat baik, karena kandungan buah dan sayur yang Anda konsumsi saat berbuka puasa akan menjadi sumber energi saat Anda menjalankan puasa di siang hari. Saat energi Anda penuh maka Anda tidak akan mudah merasakan haus saat berpuasa meski dalam aktivitas yang cukup banyak.

Hindari Kegiatan Berat

Penting sekali unrtuk diperhatikan. Sebanyak apapun persiapan energi dalam tubuh yang telah Anda sipkan saat berbuka dan sahur, Anda tetap harus tetap menjaga jadwal aktivitas Anda, sebaiknya saat berpuasa jangan terlalu memforsir tubuh agar berbagai pekerjaan berat, karena hal ini akan mempercepat terkurasnya energi dan akan membuat Anda cepat haus.

Itulah beberapa tips agar Anda tidak mudah merasa haus saat berpuasa meski banyak kegiatan. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar