5 Trik Jitu Buka Bisnis Clothing Line, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.com
5 Trik Jitu Buka Bisnis Clothing Line, Apa Saja?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Belakangan ini, bisnis clothing line kian diminati oleh banyak kalangan. Apalagi bisnis jenis ini memang cukup menggiurkan, tidak heran jika anak muda menggemarinya. Targetnya pun anak muda yang menginginkan tampil beda dengan fashion yang harganya terjangkau.

Akan tetapi, sama halnya dengan bisnis-bisnis lainnya, membuka bisnis clothing line tentunya tidak instan. Meskipun terlihat simpel, ada beberapa hal spesifik yang perlu dipersiapkan.

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis clothing line, berikut ini lima hal yang bisa Anda praktikkan:

Rencanakan Konsep Bisnis
Hal yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan menentukan konsep bisnis yang akan dijalankan. Entah itu menjadi reseller ataupun memproduksi sendiri. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi reseller, Anda tidak perlu lagi dipusingkan tentang produksi barang. Namun, tentu saja pastikan jika Anda sudah memiliki supplier atau produsen yang terpecaya.

Akan tetapi, jika Anda memilih untuk memproduksi barang sendiri, siapkan alat-alat yang berkaitan dengan produksi beserta tenaga ahlinya. Mulai dari alat sablon, printer digital, desainer, hingga bahan baku. Tentu saja proses produksinya lebih rumit, tapi Anda bisa memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Tentukan Target Pasar dan Cara Pemasaran
Menjalani sebuah bisnis tentunya tidak bisa asal coba tanpa adanya perencanaan yang matang. Untuk itu, jika ingin menjalankan bisnis apa pun, wajib hukumnya melakukan riset terlebih dahulu.

Pertama-tama, tentukan target pasar Anda terlebih dahulu. Dengan mengetahui target pasar, Anda bisa menetukan produk apa yang menarik untuk dijual. Riset ini juga akan sangat bermanfaat untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk produk yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda memiliki clothing line dengan target kaum muda yang menyukai travelling, pemasaran dapat dilakukan melalui komunitas-komunitas traveller. Riset ini juga bisa membantu untuk menganalisis siapa saja yang menjadi kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda bisa menemukan peluang yang dapat dimanfaatkan.

Mengangkat Tema yang Punya Ciri Khas
Jika Anda membangun bisnis clothing line, penting untuk memiliki konsep atau tema yang unik. Mengapa?. Hal ini nantinya dapat menjadi ciri khas atau karakter dari bisnis yang Anda jalankan. Saat ini banyak konsumen yang lebih mencari hal-hal yang khas dan berbeda.

Apalagi jika Anda menargetkan pasar untuk kaum muda. Karena itu, jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis clothing line, tentukan tema yang unik, khas, dan menjual. Ada banyak tema yang bisa dipilih mulai dari sporty, etnik, hingga otomotif.

Cek Kondisi Finansial
Dalam bisnis apa pun, tentunya modal menjadi hal yang penting. Sekecil apa pun bisnis yang dijalankan, tentunya tetap dibutuhkan modal untuk menjalaninya. Dalam membangun bisnis clothing line, ada beberapa modal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari lokasi atau tempat yang strategis dan ramai dikunjungi, tempat mencetak kaos, reseller, dan hal lainnya.

Tidak Memiliki Modal? Lakukan Sistem Pre Order
Jika Anda tidak memiliki modal yang besar, tetap jangan patah semangat. Anda bisa tetap menjalankan bisnis clothing line dengan cara menjalankan sistem pre order. Yang dimaksud dengan sistem pre order ini adalah Anda tidak perlu menyediakan baju yang sudah siap digunakan.

Dengan begitu, Anda hanya perlu memproduksi baju yang memang sudah sesuai dengan pesanan. Biasanya dalam sistem pre order, untuk modal mencetak baju, konsumen akan membayar 50% sebagai DP. Setelah jadi, barulah konsumen nantinya akan membayar penuh baju yang akan dibeli. Selamat mencoba, guys! (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.