54 Desa di Sumenep Belum Bentuk BUMDes

Avatar of PortalMadura.com
54 Desa di Sumenep Belum Bentuk BUMDes
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Sebanyak 54 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur belum membentuk Badan Usaha Milik Desa ().

Terdapat 330 desa se-Kabupaten Sumenep yang tersebar di 27 kecamatan, baik daratan maupun kepulauan.

“Baru 276 desa yang memiliki BUMDes,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Senin (3/8/2020).

Menurutnya, desa yang belum membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat dimaklumi. “Sebab, pada hakikatnya, BUMDes dibentuk karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan potensi desa setempat,” terangnya.

Hasil pantauan pihaknya, ada 94 BUMDes yang aktif. “Tolak ukur keaktifan itu, dapat memberikan kontribusi terhadap Kas desa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pembentukan BUMDes harus diawali dari adanya Peraturan Desa (Perdes) melalui musyawarah desa yang dilakukan oleh pemerintah desa bersama BPD.

“Disesuaikan dengan potensi desa masing-masing agar bisa menopang serta dapat mengakomodir berbagai potensi daerahnya,” jelasnya.

Pihaknya mencontohkan, seperti potensi desa wisata, usaha mikro yang dapat mengembangkan perekonomian masyarakat serta potensi lainnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.