oleh

Peletakan Batu Pertama Dilakukan, Desa Pasongsongan Punya BUMDes

PortalMadura.Com, Sumenep – Peletakan batu pertama pembangunan gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dilakukan Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Senin (3/8/2020).

BUMDes itu bernama Jaya Samudera Desa Pasongsongan.

Bupati Sumenep A Busyro Karim, menyampaikan, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh desa agar keberadaan BUMDes mampu memajukan desa setempat.

Pertama, masyarakat dan kepala desa harus merasakan kepemilikan terhadap unit BUMDes yang didirikan.

“Kedua soal pengelolaan. Harus dilakukan secara profesional. Dengan pola manajemen terbuka dan menjadi awal keberhasilan,” katanya.

Tidak kalah pentingnya, kata dia, potensi desa harus dijadikan dasar pengembangan BUMDes kedepan. Disamping pengelolaan dilakukan secara transparan dan baik.

“Diantara hikmahnya akan menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat,” ujarnya.

Apabila tumbuh kepercayaan, makan akan muncul rasa memiliki.

Sementara itu, Kepala Desa Pasongsongan, Ahmad Saleh Harianto mengatakan, pendirian BUMDes fokus pada retail perdagangan dan pertanian.

Menurutnya, agar masyarakat Desa Pasongsongan dapat menggunakan lahan sebagai bercocok tanam. “Biar tidak selalu bekerja sebagai nelayan, karena lahannya tidak dimanfaatkan,” katanya.

Pihaknya berharap masyarakat yang tidak bekerja dapat bekerja dengan berdirinya BUMDes yang fokus dibidang retail perdagangan dan tanaman hortikultura.

Hadir pada peresmian BUMDes Desa Pasongsongan di antaranya, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, dan pimpinan Forkopimda Sumenep.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Oktaviana Dwi KK
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE