58 Warga Sampang Dipasung, Mayoritas Berasal dari Wilayah Utara

  • Bagikan
Chairijah
Sohibiwati

PortalMadura.Com, Sampang – Sedikitnya 58 warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur harus dipasung. Mereka mengalami gangguan jiwa dengan berbagai penyebab.

Dari data yang dikantongi pihak Dinas Kesehatan setempat, warga yang menderita gangguan jiwa semuanya mencapai 108 orang.

“58 orang dipasung dan 50 orang lainnya ada yang sudah sembuh dan ada juga yang telah meninggal dunia,” kata Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, dr. Yuliono melalui Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Sohibiwati, Rabu (10/10/2018).

Menurut Wati, biasa disapa, penderita gangguan jiwa disebabkan oleh beberapa faktor. Ada karena pekerjaan, masalah hubungan keluarga dan terjangkit penyakit.

“Penderita gangguan jiwa paling banyak menyebar di wilayah utara Sampang. Seperti di Kecamatan Karangpenang, Banyuates, Ketapang dan Sokobanah,” sebutnya.

Selama menangani kasus tersebut, pihaknya mengaku sudah berupaya maksimal melalui kerja sama lintas sektor dengan Dinas Sosial, Satpol PP, kepolisian dan para tokoh masyarakat untuk saling membantu menanggulangi.

“Termasuk Puskesmas. Lebih-lebih RSUD untuk menanggulangi kasus pasung ini,” pungkasnya.(Rafi/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.