oleh

6 Cara Agar Baterai Ponsel Anda Tetap Hemat Ketika Banjir

PortalMadura.Com – Bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah seperti banjir memang cukup menyita perhatian. Karena, kejadian ini tentu akan menyisakan rasa khawatir dan takut bencana tersebut merenggut nyawanya atau keluarganya.

Menyikapi banjir tersebut, biasanya Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemadaman listrik di beberapa daerah yang terendam banjir demi masalah keselamatan. Jadi, bagi pengguna smarphone harus pandai untuk menghemat baterai ponselnya.

Sebab, bukan tidak mungkin PLN akan melakukan pemadaman dalam jangka waktu yang cukup lama sampai situasi dan kondisi menjadi aman. Bagi Anda yang mengalaminya, Anda harus menghemat baterai ponsel dalam keadaan darurat.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini akan diberikan beberapa cara untuk menghemat baterai saat banjir melanda seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (9/1/2020) dari laman Okezone.com:

Turunkan Kecerahan Layar

Salah satu cara termudah untuk memperpanjang masa baterai smartphone Anda adalah dengan menurunkan kecerahan layar. Tahukah Anda, semakin cerah layar smartphone Anda maka itu akan semakin mengurangi baterai. Jadi, layar smartphone mampu menguras baterai dengan cepat.

Cek Aplikasi yang Boros Baterai

Banyak aplikasi populer yang mampu menguras baterai Anda dengan cepat, terutama aplikasi yang menggunakan grafis dan audio. Tidak hanya itu, aplikasi gratis yang berisi iklan juga mampu menguras baterai Anda dengan cepat.

Oleh karena itu, Anda harus mencopot beberapa aplikasi yang mampu menguras baterai untuk sementara waktu. Gunakan aplikasi yang menurut Anda penting, seperti aplikasi chating untuk berkomunikasi.

Unduh Aplikasi Penghemat Baterai

Cobalah untuk mengunduh aplikasi penghemat baterai yang akan melacak kinerja ponsel Anda dan menganalisis aplikasi mana yang merupakan musuh terbesar baterai Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan penghemat baterai pada pengaturan ponsel Anda. Dengan menghidupkannya, sedikit banyak akan membantu agar tidak menguras baterai ponsel.

Aktifkan Mode Pesawat

Saat keadaan darurat atau baterai Anda sudah hampir habis, cobalah mengatifkan mode pesawat. Sayangnya saat Anda mengaktifkan mode ini, Anda tidak dapat menerima panggilan dan pesan teks atau terhubung ke website.

Baca Juga : 5 Cara Hemat Bateri di Momen Penting

Akan tetapi, cara ini sangat bagus untuk menghemat daya baterai Anda, dan menggunakannya saat Anda benar-benar membutuhkannya. Coba saja, siapa tahu cara ini membantu.

Kurangi Notifikasi Push untuk Aplikasi

Mengaktifkan notifikasi untuk tetap terhubung dengan teman-teman di Facebook atau Twitter merupakan hal yang baik. Sayangnya saat Anda menerima banyak notifikasi, masa pakai baterai Anda akan cepat terkuras.

Jadi, alangkah baiknya untuk mematikan pemberitahuan atau batasi untuk aplikasi yang sangat penting. Dengan begitu, baterai Anda akan aman dan lebih hemat.

Jangan Lupa untuk Mengisi Daya Baterai Power Bank

Pemadaman listrik saat banjir mungkin bisa lebih dari satu hari. Untuk itu, jangan sampai lupa untuk mengisi daya power bank saat menemukan pasokan listrik.

Walaupun kelihatannya kecil, tapi fungsi power bank bisa menjadi penyelamat saat Anda tidak memiliki pasokan listrik untuk mengisi daya ponsel Anda.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.