6 Cara Aman Jadi Penumpang Sepeda Motor

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Aman Jadi Penumpang Sepeda Motor
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Alat transportasi ini terdiri dari pengendara dan penumpang. Bagi pengendara diperlukan konsentrasi yang tinggi ketika berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ternyata bagi penumpang ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman. Hal ini berkaitan erat dengan resiko yang harus diterima saat terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar selamat dalam berkendara.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (19/9/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari beberapa sumber.

Posisi Duduk

Menjadi penumpang sepeda motor tidak seperti berada di dalam mobil yang bisa leluasa menentukan gaya duduk. Saat berada di sepeda motor, penumpang cenderung memiliki posisi duduk monoton, sehingga mencari posisi duduk paling nyaman sebelum motor berlari harus didapatkan.

Dengan posisi duduk nyaman penumpang menjadi tidak mudah lelah. Posisi duduk juga bisa mempengaruhi keseimbangan kendaraan. Posisi yang benar membuat motor lebih stabil, sehingga lebih aman.

Tetap Menggunakan Helm

Sudah menjadi peraturan wajib yang harus ditaati, seluruh pengguna sepeda motor harus memakai helm. Dengan menggunakan helm, Anda juga telah menerapkan safety riding.

Selain itu, penumpang juga perlu memakai celana panjang dan sepatu. Perlu diketahui, gangguan seperti kerikil yang terpental bisa mengenai penumpang di belakang sepeda motor, karena itu penggunaan celana dan sepatu sangat disarankan.

Jangan Tidur

Apabila pengendara dan penumpang lelah, lebih baik berhenti untuk beristirahat. Hal ini untuk mencegah tidur di atas sepeda motor. Sangat berbahaya, penumpang bisa saja jatuh apabila tertidur di atas motor.

Terlalu Banyak Membawa Barang

Jika menjadi penumpang untuk perjalanan yang cukup jauh, sebaiknya tidak membawa terlalu banyak barang. Ketika membawa barang yang berlebihan akan berpengaruh pada keseimbangan sepeda motor, sehingga sangat berbahaya. Selain itu, penumpang akan cenderung lebih cepat lelah.

Baca Juga: Penggalan Cerita di Balik Prosesi Pemakaman Ra Fuad

Perhatikan Pengendara

Saat mengendarai kendaraan sepeda motor dalam perjalanan jarak jauh, faktor kelelahan menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Terkadang, pengendara sepeda motor memaksakan diri untuk tetap berkendara dalam keadaan lelah. Ada baiknya, sebagai penumpang bertanya apakah pengendara lelah.

Peringatkan Pengendara

Sebagai orang yang duduk di jok belakang, ada baiknya memperingatkan pengendara untuk tetap mengontrol kecepatan sepeda motor. Jika dirasa terlalu cepat, silakan peringatkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.