oleh

6 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Menurut Dokter Kulit

PortalMadura.Com – Bibir kering dan pecah-pecah tentu tidak hanya membuat si penderita merasa kesakitan, namun juga bisa berpengaruh pada penampilan. Tidak heran jika banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengatasi hal tersebut, khususnya bagi kaum hawa.

Sayangnya, meskipun sudah pakai pelembap bibir, tapi masih juga kering dan pecah-pecah. Nah, sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya jika Anda mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

“Salah satu alasan bibir sangat rentan terhadap kekeringan adalah karena sangat tipis,” kata seorang profesor klinis dermatologi di Yale University, Mona Gohara.

“Bibir adalah kulit tertipis di tubuh kita, mereka tidak memiliki lapisan pelindung” lanjutnya.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa saat cuaca dingin dan kering, kulit tipis pada bibir cenderung mengering lebih cepat daripada bagian kulit yang lain. Lebih memperburuk keadaan, jika Anda secara refleks menjilat bibir dalam upaya menambah kelembapannya kembali. Air liur dapat menguap dan bisa membuat bibir semakin kering.

Selain itu, bahan-bahan tambahan di lipstik, lipbalm, atau bahkan pasta gigi yang Anda gunakan setiap hari juga bisa menjadi pemicu bibir kering serta pecah-pecah.

Untuk itu, berikut ini enam cara yang bisa dicoba untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah menurut pakar dermatologi, seperti dikutip PortalMadura.Com, Ahad (19/4/2020), dari laman Merdeka.com:

Tetap Terhidrasi

Kulit dan bibir yang sehat membutuhkan banyak air. Seorang ahli diet, Stefani Sassos, MS, RD, CDN, mengatakan, bahwa diet yang baik mencakup setidaknya enam hingga delapan cangkir air setiap hari, tergantung pada seberapa padat aktivitas Anda.

Jangan Menjilat Bibir atau Mengelupas Kulit Kering
“Jika kamu memiliki bibir kering, lakukan apa saja kecuali menjilat dan mengambilnya,” kata Dr. Gohara.

Jika Anda melakukannya, hal ini akan berisiko memperburuk situasi dan menyebabkan Dermatitis Lip Licker, yaitu kondisi kulit yang dimulai dengan kemerahan dan iritasi pada bibir, tetapi kemudian dapat berubah menjadi cincin yang menyakitkan dan tidak enak dilihat di seluruh bagian mulut Anda.

Pilih Produk Pelembap dengan Bahan Bernutrisi Tinggi

Carilah kondisioner bibir dan kulit seperti emolien untuk mengisi celah-celah dan melembapkan kulit yang kering dan penutup untuk menutup kelembapan, seperti petroleum jelly misalnya. Cari lip balm yang dibuat dengan minyak alami dan asam hialuronat, yang merupakan penyerap air alami, yang membuat hidrasi masuk dengan baik ke kulit Anda

Pilih Formula Perawatan Bibir dengan SPF Bawaan

Jika Anda menggunakan lipbalm dan lipstik, cari produk yang menggunakan tabir surya, terutama jika kulit sering meradang atau jika Anda memiliki aktivitas yang mendapatkan lebih banyak paparan sinar matahari dari biasanya. Ingatlah untuk menggunakan formula SPF setiap hari. Bibir bisa dengan mudah terbakar oleh panas matahari.

Baca Juga: 4 Cara Gunakan Minyak Kelapa untuk Bibir Kering dan Pecah-pecah

Gunakan Scrub Bibir Seminggu Sekali

Pengelupasan dapat membantu menghilangkan beberapa kulit kering yang mengelupas yang membuatnya dengan mudah untuk mengaplikasikan lipstik dengan lancar. Kemudian, lanjutkan perawatan bibir dengan lip balm atau masker bibir.

Mencegah Bibir Pecah-Pecah Sejak Awal

Setelah Anda menyembuhkan bibir yang pecah-pecah, Dr. Erum Ilyas mengatakan, pencegahan adalah kunci utama untuk menjaga bibir tetap sehat. Dia merekomendasikan beberapa tips berikut ini: Ikuti rutinitas dengan menggunakan masker bibir setiap sebelum tidur dapat membantu memperbaiki bibir semalaman. Ini sangat penting bagi orang yang tidur dengan mulut terbuka karena mereka jauh lebih rentan terhadap bibir pecah-pecah.

Menjaga agar lipstik dan pasta gigi Anda terlepas dari kandungan yang merusak bibir. “Jika Anda memiliki bibir yang pecah-pecah kering dan beberapa bagian yang mengelupas atau kasar di dalam mulut, pertimbangkan untuk mengubah pasta gigi atau obat kumur menjadi yang bebas dari sodium laureth sulfate,” kata Dr. Ilyas.

Ia juga merekomendasikan untuk menghindari lipstik tahan lama karena ini sering bekerja dengan mengeringkan bibir untuk mempertahankan warnanya lebih lama. Pertimbangkan juga suplemen atau perubahan menu diet. Kekurangan nutrisi pada vitamin B2, B12, dan B6 dapat menjadi bagian dari masalah kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, kata Dr. Ilyas.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE