oleh

6 Cara Cegah Mata Lelah Akibat Cahaya Ponsel

PortalMadura.Com – Saat ini hampir semua orang melakukan aktivitasnya dari rumah akibat pandemi. Sehingga smartphone menjadi teman setia untuk melakukan banyak hal. Mulai dari berkomunikasi, belanja online, bekerja hingga hiburan.

Namun ternyata menggunakan smartphone untuk segala aktivitas online ini membuat seseorang selalu berhadapan dengan layar smartphone yang efeknya bisa membuat mata perih dan mudah lelah.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara ini agar mata tidak perih saat menatap layar smartphone. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut penjelasannya:

Jangan Main Smartphone Hingga Berjam-jam

Ubah kebiasaan Anda saat menggunakan smartphone dalam waktu berjam-jam. Dalam hal ini pengguna sebaiknya membatasi waktu penggunaan gadget, termasuk smartphone.

Sering Kedipkan Mata

Saat menggunakan ponsel, sebaiknya Anda sering mengedip agar melembapkan mata selama bekerja. Gunakan cara 20-20-20, yakni mengalihkan pandangan dari layar ponsel setiap 20 menit untuk menatap objek yang berjarak jauh sekitar 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik.

20 detik merupakan waktu yang dibutuhkan untuk otot mata berelaksasi.

Pakai Smartphone di Ruangan Terang

Sebaiknya, pengguna memakai smartphone di lingkungan dengan pencahayaan cukup terang.

Posisi Duduk Tegak

Selain cahaya yang terang, posisi duduk saat menatap ponsel diusahakan dalam kondisi tegak atau bersandar namun tidak sembari tiduran.

Gunakan Screen Filter

Jika perlu, gunakan screen filter untuk mengurangi kilatan cahaya dari layar.

Pilih Perangkat dengan Perlindungan Mata

Sejumlah produsen smartphone kini memiliki kepedulian dalam mengurangi paparan cahaya biru yang berbahaya bagi mata pengguna.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Liputan6.com

Komentar