6 Cara Jitu Berkendara Hemat Bahan Bakar Ketika Mudik Libur Akhir Tahun

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Jitu Berkendara Hemat Bahan Bakar Ketika Mudik Libur Akhir Tahun
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika akhir tahun, tidak sedikit orang yang memilih untuk menikmati libur di kampung halaman sendiri. Bahkan, sebagian dari mereka ada yang rela meski harus menghabiskan anggaran yang cukup besar untuk biaya perjalanan rekreasi di kampung halaman.

Sehingga, pemudik harus pintar-pintar putar otak untuk menghemat keuangan. Salah satunya, memangkas biaya perjalanan. Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengurangi biaya bensin atau bahan bakar dengan menerapkan gaya eco driving.

Tidak hanya itu, berikut ini enam cara yang bisa bikin konsumsi bahan bakar mobil lebih ekonomis:

Servis Mobil Anda Sebelum Mudik
Lakukan perawatan rutin sebelum berangkat mudik. Salah satu perawatan penting adalah tingkat kekentalan dan kadar minyak pelumas sesuai dengan rekomendasi oleh produsen. Bagian lain yang sangat penting diperhatikan adalah filter.

Filter udara, filter bahan bakar, dan filter oli membuat perbedaan besar dalam memastikan mesin berjalan pada efisiensi bahan bakar yang baik. Pastikan juga busi bersih dan tanpa lapisan jelaga.

Pastikan Tekanan Udara pada Ban Terjaga
Pabrikan telah merekomendasikan tekanan udara pada ban kendaraan untuk memastikan mobil dikendarai dengan aman dan nyaman. Ban yang kempes menyebabkan gesekan dan itu mengarah pada energi kinetik yang hilang. Cara lain adalah meningkatkan tekanan udara di ban beberapa psi. Hal itu membuat dinding samping lebih kencang dan mengurangi kontak dengan aspal namun ada sisi negatif yang berpotensi menyebabkan ledakan.

Mengendarai dengan Perseneling yang Tepat
Anda mudik bukan mau ngebut sehingga ketepatan penggunaan gigi perseneling dengan putaran mesin akan memberikan penghematan bahan bakar. Terutama jika Anda berada di area lalu lintas yang macet. Kesalahan lain yang sering dilakukan orang adalah sering memaksakan mesin berputar hingga red line sebelum mengganti gigi.

Kiat lainnya, ketika melewati jalanan menurun sebaiknya menggunakan gigi yang lebih tinggi dan tidak menggesernya ke netral. Ingat, netral berarti RPM mobil dalam keadaan diam dan oleh karena itu dikontrol oleh ECU. Sebagai alternatif, berada di gigi yang lebih tinggi akan memastikan bahwa RPM bergantung pada kecepatan engine dan mempertimbangkan fakta bahwa throttle tertutup sebanyak yang dimungkinkan oleh ECU.

Jangan Membawa Beban Terlalu Berat
Beban berat adalah musuh ketika ingin berharap konsumsi bahan bakar hemat. Anda tidak mungkin meminta anggota keluarga untuk turun dari mobil demi berhemat bahan bakar, atau membuang ban cadangan, tool kit. Namun yang bisa dilakukan, Anda tidak membawa barang yang tidak diperlukan selama perjalanan.

Selalu Menutup Jendela
Dengan menutup jendela maka mobil lebih aerodinamis dengan tidak adanya hambatan maupun aliran udara yang masuk ke mobil. Selain itu, bagi mobil dengan Air Conditioner membuka jendela maka akan membebani mesin karena butuh pendinginan ekstra dan tentunya akan menambah konsumsi bahan bakar.

Saat parkir pun lebih baik berada di tempat yang teduh sehingga ketika mobil akan digunakan lagi tidak butuh banyak waktu dan konsumsi bahan bakar untuk pendinginannya.

Hindari Jalur Macet
Hindari situasi di mana mobil berada di daerah kemacetan. Sementara biasanya untuk mobil berakselerasi awal membutuhkan lebih banyak bahan bakar, itu kurang dari mobil Anda diam selama lebih dari satu menit. Jika mobil Anda memiliki teknologi idling stop, gunakanlah. Hal ini akan sangat membantu jika Anda berada dalam situasi kemacetan lalu lintas dan kemudian berhenti hingga berulang kali. (tempo.co/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.