oleh

6 Cara Memaafkan Orang yang Menyakitimu

PortalMura.Com – Setiap orang pasti berbuat kesalahan kepada orang lain. Sehingga menyakiti hati orang tersebut. Namun sebagai manausia harus saling memaafkan. Terkadang kesalahan orang lain memang sulit untuk dimaafkan, namun Anda harus menyadari bahwa Anda juga pernah berbuat salah.

Memaakan kesalahan orang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan yaitu tetap menjaga hubungan baik dengan orang lain, masalah terselesaikan, dan tidak akan ada dendam antar sesama. Lalu bagaimana cara memaafkan orang yang telah menyakiti Anda?

Dilansir dari laman Media.ihram.asia, Rabu (16/12/2020) berikut cara memaafkan yang bisa Anda terapkan.

Meyakini segala yang terjadi adalah Takdir Allah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah meyakini segala sesuatu yang sudah terjadi adalah takdir dari Allah dan sudah menjadi ketetapan Allah untuk kita. Allah lah yang telah menciptakan perbuatan para hamba, seperti dalam firmannya dalam QS. Ash-Shaffat ayat 96.

Dan Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu.? (QS. Ash-Shaffat:96)

Karena itulah, kita bisa memandang perbuatan yang tidak menyenangkan yang tidak dilakukan orang lain pada kita adalah sebuah takdir. Dan sebagai hamba Allah, kita menerima dan beriman pada takdir yang telah Allah tetapkan sehingga kita paham bahwa Allah-lah yang pada hakikatnya menimpakan musibah pada kita melalui orang yang berbuat aniaya.

Mengingat Dosa yang Pernah Dilakukan

Cara kedua adalah mengingat dosa yang pernah dilakukan. Mungkin saja sebelumnya Anda pernah menyakiti hati orang lain. Sehingga Allah memberi Anda teguran dengan disakiti oleh orang lain.

Ketika ada orang yang menyakiti Anda, jangan 100 persen menyalahkan orang tersebut. Bisa saja ini adalah buah yang harus Anda petik dari perbuatan Anda di masa lalu. Allah SWT berfirman:

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh [erbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagaian besar (dari kesalahan-kesalahanmmu).? (QS. As-Syura: 30)

Sabar Mendatangkan Pahala

Cara agar Anda tidak kembali merasakan sakit adalah dengan memaafkan seseorang lalu bersabar. Selain itu dengan bersabar dapat mendatangkan pahala yang sangat besar. Diantara pahala tersebut adalah Allah mengatakan bahwa Allah akan bersama orang-orang yang sabar. Seperti dalam firman Allah berikut ini.

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.? (QS. Az-Zumar:10)

Dalam firman Allah lainnya,

Maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.? (QS. Asy-Syura:40)

Segala Perbuatan ada Balasannya

Cara keempat adalah dengan menanamkan dalam diri bahwa segala hal yang Anda perbuat ada balasannya. Hendalah tanam kebaikan agar Anda mendapatkan kebaikan pula. Jika kita denganmudah memaafkan orang lain maka Allah akan dengan mudah mengampuni dosa-dosa kita.

Tidak Membalas Perbuatan Buruk

Cara kelima adalah dengan tidak membalas kejahatan orang lain. Jika Anda tidak membalas keburukan orang lain yang dilakukan pada diri Anda. Ini akan menghentikan permasalahan yang terjadi. Jika Anda mampu mengendalikan hal ini maka insya Allah akan datang kebaikan-kebaikan lainnya untuk Anda.

Membalas Perbuatan buruk Menjadikan Kita Menjadi Orang Zalim

Membalas keburukan orang lain ini menandakan tidak ada bedanya antara diri kita dengan orang tersebut. Tetaplah berbuat baik walau ada yang memperlakukan Anda tidak baik.

Inlilah 6 tips yang bisa Anda terapkan disaat ada masalah dengan orang lain.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Media.ihram.asia

Komentar