6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Saudara Kandung

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Saudara Kandung
Ilustrasi (radarriaunet.com)

PortalMadura.Com – Sama dengan kewajiban anak berbakti kepada orang tua, kandung juga harus saling menghormati dan menyayangi.
Sehingga, terbentuklah keluarga harmonis yang hangat, akrab, saling memahami dan mendukung satu sama lain.

Dalam mendidik anak tidak selalu berjalan mulus, ada saja ulah adik dan kakak atau perilaku kita yang tidak terkontrol hingga sulit menciptakan keakraban diantara anak-anak. Dilansir dari laman Fimela.Com, Kamis (29/10/2020) berikut beberapa cara baik dengan saudara.

Sembuhkan Luka Masa Lalu

Setiap saudara pasti pernah bertengkar, entah itu masalah kecil atau bahkan masalah besar. Perlu Anda ketahui bahwa luka hati tidak akan sembuh tanpa penyelesaian. Hanya karena kalian keluarga bukan berarti segalanya bisa dengan mudah terselesaikan.

Segala hal tetap perlu dibicarakan dan diselesaikan secara terbuka. Jika ada salah, minta maaf dan sembuhkan luka masa lalu agar bisa akur kembali.

Sharing Tujuan Hidup

Sering berkomunikasi sangat membantu memahami pikiran dewasa satu sama lain. Bahkan jika kalian tumbuh dewasa bersama, akan selalu ada perbedaan pola pikir.

Sharing saja apa tujuan hidupmu dan pandanganmu tentang apa pun. Begitu juga dengarkan seperti apa tujuan hidup saudaramu, sehingga kalian bisa saling memaklumi perbedaan pilihan hidup masing-masing.

Hindari Memicu Konflik

Ketika ngobrol dengan saudara, hindari hal yang bisa memicu konflik, seperti politik, agama, atau kenangan traumatis yang sensitif untuk dibicarakan. Ceritakan saja hal-hal baik, dan hindari bergosip mengenai keburukan saudara lainnya. Kecuali jika kalian sangat dekat, itu bisa saja dilakukan sambil lalu atau sambil bercanda. Namun ketahui batasannya.

Jangan Membandingkan Diri

Setiap saudara pasti memiliki jalan hidup masing-masing, bukan hal yang pantas untuk membandingkan diri. Mana yang lebih baik dan mana yang lebih buruk. Siapa yang lebih sukses dan tidak. Hargai setiap kehidupan saudara dan pengalaman hidup mereka.

Tunjukkan Apresiasi

Jangan sungkan untuk memberi pujian akan keberhasilan saudara atau keluarganya. Seperti ketika Anda memuji pasangan, puji juga pencapaian saudara. Lakukan dengan tulus, jika tidak ada yang baik untuk dikatakan, sebaiknya tidak perlu bicara banyak.

Jalin Pertemanan

Anda juga perlu menjalin pertemanan dengan saudara, seperti layaknya berteman dengan orang asing. Membicarakan hal-hal kecil hingga besar tanpa melibatkan perasaan atau adanya hubungan darah. Dengan begini, komunikasi akan tetap terjaga.

Mungkin hubungan seperti ini tampak palsu karena secara sekilas hubungan keluarga seperti ini seakan bermain di zona nyaman, tidak ada konfrontasi dan lain sebagainya, namun ketika dewasa, memang ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan meski dengan saudara sendiri.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.