6 Cara Mudah Bersihkan Karburator Motor di Rumah Saat PPKM

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Mudah Bersihkan Karburator Motor di Rumah Saat PPKM
Ilustrasi (bank mandiri .id)

PortalMadura.Com – Bagi pemilik motor yang ingin merawat kendaraan kesayangannya di rumah menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu kosong saat ini. Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM karena pandemi covid-19 membuat masyarakat dibatasi aktivitasnya.

Oleh karena itu, sangat tepa untuk merawat motor di rumah. Salah satunya yaitu membersihkan karburator.

6 Cara Mudah Bersihkan di Rumah Saat PPKM

Ada beberapa cara untuk membersihkan komponen motor yang satu ini. Penasaran? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Federal Oil, berikut ini penjelasannya:

Lepaskan Dulu Karburator Dari Dudukan

Pertama harus melepaskan dulu karburator dari dudukan, kemudian dudukan posisinya. Sebelumnya pemilik harus menyiapkan dulu alat atau kunci untuk melepaskan karburator. Hati-hati ketika ingin melepaskan karburator

Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Selanjutnya buka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya. Lalu lihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi. Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

Lepas dan Bersihkan Pilot Jet

Kemudian Anda harus lepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor. Sebaiknya anda lepaskan dengan hati-hati lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya. Akan lebih mudah jika anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup manual.

Bersihkan Main Jet Karburator

Setelah melepaskan bagian pilot jet termasuk main jet dan juga needle jet, dan bersihkan dengan menggunakan kompresor. Nah untuk membersihkan Needle jet ini anda harus berhati-hati. Cukup dengan kuas yang sudah dicelupkan ke bensin kemudian anda semprot pada bagian lubang memakai kompresor.

Bersihkan Spuyer Karburator

Cara membersihkan karburator berikutnya adalah dengan membersihkan spuyer karburator, bagian ini sangat berpengaruh pada kinerja mesin, jadi bagian ini cukup penting untuk kita bersihkan.

Anda harus berhati hati ketika membersihkan spuyer agar tak merubah diameter nya, karena jika diameter spuyer berubah kemungkinan motor akan tidak bisa dinyalakan. Anda bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel.

Baca Juga : Link Download Twibbon HUT RI ke 76 17 Agustus 2021

Merakit Kembali Karburator

Kemudian yang terakhir yaitu merakit dan memasang kembali ke motor dengan benar. Lalu atur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong. Rakit semua komponen lalu pasang kembali karburator pada kedudukan semula. Selesai.

Perlu diketahui bahwa jika ingin membersihkan karburator motor sendiri, maka akan dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi. Perhatikan dan ingat selalu posisi komponen karburator.

Jika merasa kesulitan untuk membersihkan sendiri, bisa membawa motor ke bengkel guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.