oleh

7 Ciri Orang yang Cerdas dengan IQ Tinggi Berdasarkan Penelitian

PortalMadura.Com – Sebagian besar orang menganggap bahwa seseorang dianggap cerdas apabila mampu menguasai matematika atau bisa banyak bahasa, namun sebenarnya makna cerdas tidak hanya sesempit itu, banyak tipe kecerdasan lain yang beragam terdapat dalam diri seseorang seperti kecerdasan emosi, spiritual, seni dan sebagainya.

Seseorang yang cerdas dengan IQ yang tinggi, umumnya akan nampak lebih berwibawa dari kebanyakan orang. Akan sedikit berbicara namun banyak bertindak. Dilansir dari Fimela.Com dari Insider, Kamis (22/7/2021) berikut ini adalah beberapa ciri orang yang cerdas dengan IQ yang tinggi, berdasarkan penelitian :

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Mudah Beradaptasi

Umumnya orang yang cerdas memiliki sikap yang fleksibel dan mudah bergaul. Ia akan lebih mudah beradaptasi dengan berbagai situasi yang di hadapi. Penelitian psikologis juga menemukan: Kecerdasan bergantung pada kemampuan seseorang untuk mengubah perilakunya sendiri agar dapat mengatasi lingkungan dengan lebih efektif.

Tahu Bahwa Ada Banyak Hal yang Mereka Tidak Tahu

Orang yang cerdas tidak takut untuk mengatakan “Saya tidak tahu”, hal ini akan membuat orang tersebut terus termotivasi untuk belajar. Semakin kurang cerdas seseorang, mereka akan melebih-lebihkan kemampuan kognitifnya.

Mereka Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Orang yang cerdas biasanya memiliki kepekaan yang lebih kuat dari orang kebanyakan, mereka cenderung memperhatikan sesuatu secara sungguh-sungguh untuk mendapatkan pengetahuan dari apa yang orang lain sepelekan.

Berpikiran Terbuka

Orang pintar tidak menutup diri pada ide atau peluang baru. Orang-orang cerdas bersedia menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran yang luas dan bahwa mereka terbuka untuk solusi alternatif.

Memiliki Pengendalian Diri yang Tinggi

Mengendalikan diri termasuk pada hal yang perlu pembiasaan dan orang yang cerdas akan mampu menguasai hal tersebut dalam berbagai keadaan. Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara pengendalian diri dan kecerdasan.

Punya Selera Humor yang Tinggi

Anda heran kenapa bisa demikian, jawabannya karena orang yang cerdas tentu tidak akan mudah marah karena telah mampu mengendalikan diri dan biasanya lebih kreatif hingga mampu menciptakan berbagai hal yang sifatnya humor.

Punya Empati yang Tinggi

Orang pintar akan sangat mudah merasakan atau memahami apa yang dipikirkan/dirasakan orang lain. Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati, menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan perasaan orang lain dan bertindak dengan cara yang peka terhadap kebutuhan tersebut, merupakan komponen inti dari kecerdasan emosional.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar