6 Cara Sederhana Cegah Rambut Bercabang

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Sederhana Cegah Rambut Bercabang
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, permasalahan rambut sering kali membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Salah satu masalah tersebut yaitu rambut yang bercabang. Karena, dengan mengalaminya akan membuat penampilan menjadi kurang percaya diri.

Oleh karena itu, perlu adanya perlindungan pada lapisan rambut khususnya yang bercabang agar rambut kembali indah. Bagaimana caranya?. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah :

Sisir Rambut dengan Baik
Sesuatu yang sederhana seperti menyisir rambut ternyata bisa menyebabkan rambut bercabang. Anda dapat mencegah hal ini terjadi dengan menyisir rambut dengan perlahan. Pastikan menggunakan sisir yang cocok dengan jenis rambut Anda sehingga kulit kepala pun tidak terasa sakit. Hindari menyisir rambut secara berlebihan karena dapat menimbulkan gesekan yang membuat rambut rusak. Gunakan alat penata rambut dengan suhu rendah

Alat penata rambut seperti flat iron ataupun hair dryer diketahui dapat merusak rambut. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan suhu rendah. Memang hasilnya akan memakan waktu lama, namun dengan suhu rendah Anda dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada rambut. Mengatur suhu di bawah 350 derajat dianggap batas aman untuk mencegah rambut kering dan rusak.

Membuat Rambut Benar-benar Bersih Sebelum Ditata
Penggunaan sampo atau kondisioner yang tidak bersih akan menyisakan minyak pada rambut. Minyak tersebut tidak akan bekerja dengan baik pada rambut ketika ingin ditata. Alih-alih ingin menata rambut menggunakan alat catok, Anda justru merusak rambut yang kotor dengan alat tersebut seperti memasak sesuatu di kepala.

Baca Juga : Ladies, Ini 5 Penyebab Rambut Bercabang

Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran di kulit kepala dan ujung rambut agar aman untuk ditata menggunakan alat catok dan penata rambut lainnya.

Gunakan Serum yang Tepat
Rambut rusak yang ditunjukan dengan batang rambut yang mudah rapuh dan ujung rambut yang bercabang bisa diatasi dengan serum yang tepat. Salah satunya adalah serum dengan kandungan keratin. Keratin mampu mengembalikan vitalitas rambut yang rusak dengan cara mengisi molekul rambut yang tampak kosong dan melapisi strukturnya.

Potong Ujung Rambut
Menggunting ujung rambut secara teratur dapat melindungi bagian rambut lainnya. Mintalah penata rambut menggunakan teknik hair dusting agar tidak mengorbankan bagian rambut lainnya dan hanya berfokus menghilangkan bagian rambut yang bercabang. Cara ini juga memungkinkan merangsang rambut yang tumbuh berikutnya tidak mudah patah.

Menghidrasi Rambut
Menghidrasi rambut dapat Anda lakukan dengan mengurangi frekuensi penggunaan alat penata rambut yang cenderung bersuhu panas. Gunakan juga sampo dan kondisioner yang tidak mengandung silikon dan sulfat. Kedua kandungan tersebut di sebagian besar kasus justru membuat rambut menjadi kering. Hindari juga teknik penataan rambut atau styling yang akan memperparah kondisi rambut.

Gunakan Masker Rambut
Cara satu ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cobalah masker yang dapat mengisi kembali nutrisi yang hilang pada rambut kering dan rusak. Masker dengan kandungan minyak kelapa dapat membuat rambut berkilau dan halus.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.